Settia

Tjhai Chui Mie, Lahirnya “Ahok” Srikandi Tionghoa

EDITOR.ID, Jakarta,- Meski menorehkan tintas emas sejarah sebagai wanita Tionghoa pertama yang menduduki jabatan wali kota di Indonesia, Tjhai Chui Mie jarang disorot media. Dia tidak seperti Ahok yang selalui menjadi objek berita. Mulai dari sepak terjangnya memimpin Jakarta hingga urusan pribadi. Semua dikupas tuntas.

Namun Tjhai Chui Mie sempat jadi perbincangan warganet ketika dia mengamuk dan memarahi kontraktor di depan warga beberapa bulan silam. Ia marah besar setelah melihat langsung kualitas pengerjaan proyek drainase di Jalan Sama-Sama, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat.

Saat itu, Tjhai Chui Mie meninjau lokasi pengerjaan konstruksi drainase tersebut. Ia kecewa melihat kualitas proyek yang dikerjakan asal-asalan.

Kontraktor yang mengenakan topi hitam dan jaket abu-abu itu hanya bisa terdiam saat dimarahi. Tak sepatah kata pun keluar dari mulutnya. Ia hanya menunduk dan mengangguk di depan Wali Kota Tjhai Chui Mie.

“Anggap itu rumah bapak, saya begituin, Bapak mau gak? Saya tanya balik saja,” kata Tjhai Chui Mie dalam video yang sempat viral beberapa waktu lalu.

Tjhai Chui Mie menantang akan membongkar rumah sang kontraktor jika memang dia mau diperlakukan demikian. “Kalau bapak boleh seperti itu, saya coba bongkar rumah bapak seperti itu,” bentak Tjhai Chui Mie dengan wajah marah.

Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie Meraih Penghargaan. (ist)

Tjhai Chui Mie memerintahkan kontraktor tersebut untuk membongkar kembali drainase dan memperbaiki kualitasnya. Ia meminta sang kontraktor untuk bekerja dengan hati. “Kita kerja itu coba pakai hati. Ibarat kita punya, boleh gak (asal-asalan). Kalau boleh, ayo saya bongkar rumah Bapak begitu,” teriak Tjhai Chui Mie sambil menunjuk ke draenase yang dianggapnya buruk.

Tjhai Chui Mie lantas meminta anak buahnya untuk lebih teliti dan memeriksa semua pengerjaan proyek di dalam kota. “Saya minta nanti dinas untuk yang kerja dalam kota itu sebelum kerja harus tinjau,” kata Tjhai Chui Mie.

Ia juga menegaskan agar dinas tidak perlu ragu untuk menghentikan proyek-proyek yang tidak efesien dan tidak benar pengerjannya. “Kayak gini harus distop dulu,” katanya.

Ia pun memerintahkan kontraktor pengerjaan drainase untuk membongkarnya kembali. “Bapak saya minta, besok sudah mulai bongkar. Terutama depan-depan rumah orang,” tandas Tjhai Chui Mie.

Siapa sesungguhnya Tjhai Chui Mie? Tak disangka kita punya srikandi pemimpin yang tegas dan berani. Meski seorang perempuan ia berani memarahi sang kontraktor. Siapakah dia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *