Settia

Habib Rizieq Bersumpah Seumur Hidup Tak Akan Kembali ke Indonesia, Benarkah? Hoaks Kali

EDITOR.ID, Jakarta,- Jika di dunia nyata banyak bertebaran baleho dukungan kepada Habib Rizieq Shihab agar dibantu pemulangan ke Indonesia. Di jagat maya justru dihembuskan isu bahwa Imam Besar Front Pembela Islam ini tidak akan masuk ke Indonesia seumur hidup. Apa benar? Jangan-jangan hoaks. Semoga saja berita ini tidak benar alias hoaks.

Unggahan kabar tersebut beredar luas di media sosial Facebook.

Pemilik akun Facebok Tokoh Nasional Indonesia itu mengunggah foto Ketua Front Pembela Islam (FPI) tengah mengangkat telunjuk.

“INGAT! SAYA BERSUMPAH! TDK AKAN MASUK KE INDONESIA SEUMUR HIDUP SAYA” – tulis keterangan dalam foto yang beredar di media sosial.

Pemilik akun juga menuliskan keterangan dalam foto yang diunggahnya, “BENAR NGGAK SIH UCAPAN HABIBANA YANG MULIA RIZIEQ INI?”.

Namun, dilansir dari Turn Back Hoax MAFINFO, informasi jika HRS tidak ingin kembali ke Indonesia adalah hoaks.

Berdasarkan hasil penelusuran klaim bahwa Habib Rizieq Shihab bersumpah tidak akan masuk ke Indonesia seumur hidup adalah klaim yang salah.

Faktanya, tidak ada informasi valid mengenai hal tersebut. Justru, baru-baru ini Habib Rizieq secara tersirat kembali menyatakan keinginannya untuk pulang ke tanah air.

Namun Rizieq mengklaim dirinya tidak bisa pulang karena dicekal Pemerintah Arab Saudi atas permintaan Pemerintah Indonesia.

“Jadi bukan saya yang takut pulang, tapi rezim Jokowi yang takut saya pulang. Kira-kira jelas enggak? Takbir!!!,” kata Habib dikutip dari Turn Back Hoax.

Rizieq menegaskan dirinya tidak takut pulang ke Indonesia. Akan tetapi, klaim Rizieq, ketakutan ada di pihak rezim.

Sementara itu, pihak Istana mengklaim tidak pernah menghalang-halangi kepulangan Rizieq ke Indonesia.

Rizieq diminta untuk berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Indonesia di Arav Saudi jika ingin kembali pulang ke Tanah Air.

Maka dari itu, informasi yang menyebut jika Habib Rizieq tak akan kembali ke Indonesia adalah hoaks dan masuk ke dalam Konten yang Menyesatkan. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *