Settia

Calon Penguasa Jateng Ganjar ke Jokowi?

EDITOR.ID, Semarang,- Pulau Jawa sepertinya dikuasai Joko Widodo dalam Pemilihan Presiden 2019 mendatang. Pasalnya calon orang nomor satu di 3 propinsi di Jawa condong ke Jokowi. Setelah Ridwan Kamil dan Khofifah, sinyal dukungan ke Jokowi juga ditunjukkan oleh Ganjar Pranowo meski tidak terang-terangan.

Sinyal dukungan Ganjar Pranowo mendukung Jokowi terbaca dalam Video Ganjar yang beredar viral. Video ini menggambarkan ‘Bagaimana Pak Ganjar Membaca Arah Dukungan Jokowi di Pilkada Jateng dan Jatim’. Video ini viral di berbagai platform media sosial dan WhatsApp.

Dalam video berdurasi 57 detik itu, Ganjar yang merupakan calon gubernur Jawa Tengah membaca arah dukungan Presiden Jokowi untuk kandidat yang ada di Jatim dan Jateng.

Ganjar menilai ada kesamaan calon pemimpin di Jateng dan Jatim, yaitu persatuan kaum religius dan nasionalis.

“Kita melihat sebenarnya tipologisnya mirip antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Perpaduan calonnya juga cuma dua, sama-sama head to head dan representasi dari perwakilannya juga perwakilan dari nasionalis-religius,” kata Ganjar di dalam video yang beredar, Selasa (26/6/2018).

Di Jateng, Ganjar Pranowo berpasangan dengan putra ulama karismatik asal Sarang, Rembang, KH Maimoen Zubair, Taj Yasin (34), sebagai calon wakil gubernur (cawagub).

Adapun di Jatim, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang pernah menjadi Ketua Umum GP Ansor dan sekarang menjadi Ketua PB Nahdlatul Ulama serta mendapat persetujuan kiai-kiai sepuh maju sebagai calon gubernur duet dengan cucu Presiden RI pertama Soekarno, Puti Guntur Soekarno, sebagai cawagub.

“Maka kalau kita melihat Pak Jokowi sebagai presiden tentu beliau akan melindungi semuanya dan memberikan kesempatan yang sama. Tapi kalau mau membuat garis, kita melihat spiritnya, semangatnya, warna partainya, pasti antara Pak Jokowi, kalau di Jawa Tengah ada saya, kalau di Jawa Timur ada Mbak Puti, maka garis itu sama,” jelas Ganjar.

Kesamaan antara Pilkada Jateng dan Jatim itulah, Ganjar menilai semua kader dan pendukung akan bersatu memilih calon yang diusung organisasinya.

“Kalau melihat semangat de corps pasti namanya orang partai kita akan mendukung pada barisan kepartaian yang sama,” tegas Ganjar.

Dalam video singkat itu juga digambarkan kedekatan Ganjar dan Puti kepada ulama maupun Presiden Jokowi. (tim)

Leave a Reply