Settia

Adu Kuat Alumni UGM Sabet Gelar Capres 2024

Mereka adalah Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Airlangga Hartarto dan Muhaimin Iskandar.

Oleh : Asri Hadi

Penulis Adalah Peneliti Indonesian Power Watch Integrity

Alumni Monash University, Australia dan FISIP Universitas Indonesia

Meski Pemilihan Presiden pengganti Joko Widodo masih dua tahun lagi, namun manuver dan isu Calon Presiden 2024 sudah mengemuka sejak enam bulan terakhir. Bahkan saat ini figur atau sosok Calon Presiden sudah dimunculkan oleh partai politik dalam upaya mengkondisikan sosialisasi dan mengkampanyekan pribadi sang calon sejak dini kepada publik.

Sebut saja Partai Gerindra dalam Rapimnas 12 Agustus 2022 silam sudah resmi mencalonkan Ketua Umumnya Prabowo Subianto sebagai capres 2024. Disusul Partai Nasdem mengumumkan akan mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capresnya.

Terkini para pengurus daerah Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Diantaranya pengurus PPP Banten, Jakarta, Sulsel, dan Sumatera Utara mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden 2024.

Bursa capres pun kian menghangat karena tampilnya sosok atau figur yang muncul ke permukaan. Sebut saja Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menhan Prabowo Subianto, Ketua DPR Puan Maharani, Menko Perekonomian Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Partai Demokrat Agus Harimurty Yudhoyono dan Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno.

Jika mengutip hasil survei politik dan posisi Ketua Umum Partai ada sejumlah alumni Universitas Gajah Mada (UGM) yang digadang-gadang atau masuk bursa bakal jadi Calon Presiden RI pada Pilpres 2024 mendatang.

Mereka adalah :

  1. Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah

  2. Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta

  3. Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Golkar

  4. Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa

Pertarungan keempat tokoh sesama alumni UGM dalam percaturan pesta demokrasi Pilpres 2024 akan menarik untuk disimak.

Sebelum penulis memaparkan analisa kekuatan masing-masing kandidat, penulis akan memperkenalkan profil dari para calon petarung alumni UGM yang sedang memburu tanda tangan partai politik agar bisa bertarung di Pilpres 2024 mendatang.

Berikut sedikit profiling para kandidat capres dari Alumni UGM Yogyakarta itu :

1. Anies Baswedan

Jelang mengakhiri masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 16 Oktober 2022, Anies Baswedan mendapat kado istimewa dari Partai Nasdem. Mantan Rektor Paramadina ini bakal diusung Partai Nasdem sebagai capres 2024.

Anies Baswedan adalah Alumni UGM yang pernah menimba ilmu di Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada 1989. Cucu dari pahlawan nasional Abdurrahman Baswedan ini sempat menjadi ketua badan eksekutif mahasiswa (BEM). Namanya mencuat saat menjadi aktivis dan kemudian mendapat bea siswa belajar di Amerika.

Leave a Reply