Settia

Survei LSI: Duet Ganjar-Airlangga Pilihan Rakyat, Bisa Kalahkan Prabowo

Dari simulasi 3 paslon, menurut temuan survei LSI, pasangan Ganjar Pranowo dan Airlangga Hartarto tercatat unggul dari Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Anies Baswedan-Puan Maharani apabila pilpres digelar sekarang.

Jakarta, EDITOR.ID,- Pasangan Ganjar Pranowo dan Airlangga Hartarto menjadi pasangan capres-cawapres 2024 paling populer dan paling disukai di antara pasangan lainnya. Hal ini terungkap dari survei terbaru yang dirilis Lembaga survei LSI Denny JA terkait elektabilitas paslon capres-cawapres di 2024 pada hari ini, Senin (10/10/2022).

Dari simulasi 3 paslon, menurut temuan survei LSI, pasangan Ganjar Pranowo dan Airlangga Hartarto tercatat unggul dari Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Anies Baswedan-Puan Maharani apabila pilpres digelar sekarang.

“Dari tiga nama ini terlihat pasangan Ganjar Pranowo dan Airlangga Hartarto adalah paket pasangan capres-cawapres yang paling banyak dipilih atau yang paling tinggi elektabilitasnya,” kata peneliti LSI Denny JA Adjie Alfaraby saat jumpa pers di Jakarta, Senin (10/10/2022).

Selain itu, survei menunjukkan Ganjar – Airlangga juga menjadi pasangan capres-cawapres 2024 paling populer atau paling disukai di antara pasangan lainnya.

Ganjar Pranowo-Airlangga Paling Disukai

Ketika responden ditanyakan siapakah pasangan paling disukai jika Pilpres digelar? Nama pasangan Ganjar Pranowo-Airlangga Hartarto mendapat angka 24.9 persen, Prabowo Subianto-Anies Baswedan 14.8 persen, dan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono 13.4 persen.

“Jadi ini adalah jawaban dari responden ketika ditanya mana capres dan cawapres yang paling disukai, ini bukan yang dipilih, tapi paling disukai. Ini terlepas dari faktor penguat Artinya apakah dari faktor Ganjarnya atau faktor Airlangganya,” ujar Adjie Alfaraby.

Ganjar-Airlangga Paling Populer

Kemudian LSI mewawancarai responden siapakah sosok Capres yang ia kenal? Mayoritas responden menyebut nama Ganjar-Airlangga. Kedua pasangan ini unggul dengan elektabilitas 31,1%. Sementara Prabowo-Cak Imin 29,6%, Anies-Puan 14,1%, dan lainnya tidak tahu 25,2%.

“Pasangan Ganjar-Airlangga paket yang paling banyak dipilih, angkanya 31,1%. Disusul Prabowo-Cak Imin 29,6% dan Anies-Puan 14,1%. Anies-Puan kita coba simulasi karena beberapa waktu lalu muncul kemungkinan paket ini. Memang masih ada 25,2% yang tidak menjawab atau belum tahu. Tapi dari 3 paket ini terlihat Ganjar-Airlangga pasangan paling banyak dipilih,” papar Alfaraby.

“Artinya ini menjadi favorit dari pemilih terlepas dari faktor penguat Artinya apakah dari faktor Ganjarnya atau faktor Airlangganya, tapi paket pasangan Ganjar dan Airlangga paket yang paling banyak disukai pemilih,” imbuhnya.

Ganjar-Airlangga Didukung Massa Jokowi

Lebih rinci berdasarkan segmentasi, pemilih Ganjar-Airlangga mayoritas berasal dari pemilih PDIP, Golkar, PKB, dan PAN. Keduanya juga banyak didukung pemilih Jokowi-Ma’ruf Amin yakni 42,1%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *