Settia

Wow Jadi Ketua Timses Jokowi, Saham Perusahaan Erick Thohir Melejit

EDITOR.ID, Jakarta,- Dampak positif menjadi berkah bagi pengusaha Erick Thohir. Setelah ia didapuk menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf, saham perusahaan milik Erick, PT Mahaka Media Tbk (ABBA) diburu investor di pasar modal. Ujung-ujungnya harga saham perusahaan tersebut melejit luar biasa, mengalami kenaikan diatas 142 persen.

Padahal awalnya harga saham ABBA hanya berada di kisaran Rp 50 (gocap). Tiba-tiba bangkit dan terus melonjak hingga Rp 118 dengan volume transaksi yang wow sangat besar mencapai miliaran.

Berdasarkan pemantauan dari data RTI, Kamis (13/9/2018), saham ABBA mulai bergerak aktif sejak Senin, 10 September 2018.

Kondisi tersebut seolah merespons sentimen positif penunjukan Erick sebagai Tim Pemenangan yang diumumkan pada Jumat (7/9/2018).

Semula, laju perdagangan saham tak banyak disadari lantaran setelah pengumuman hari itu, perdagangan saham libur dua hari selama akhir pekan sabtu dan minggu.

Baru pada Senin (10/9/2018) lalu, pergerakan saham ABBA mulai terlihat agersif. Hari itu, hingga pukul 09.58 waktu JATS saham ABBA menguat 26% dari level Rp 50 ke posisi Rp 63. Dalam perusahaan ini Erick menjabat sebagai Komisaris Utama.

Hingga posisi itu, saham ABBA susah ditransaksikan sebanyak 28,28 juta lembar saham senilai Rp 1,65 miliar dengan frekuensi sebanyak 1.219 kali. Saham ABBA juga sempat menyentuh level tertinggi Rp 66.

Asal tahu saja, saham ABBA sudah menyentuh level gocap sejak pertengah 2015. Sejak saat itu, nyaris tak ada pergerakan berarti hingga April 2018 saham ABBA terpantau menguat hingga ke posisi Rp 97.

Namun pada pertengahan Juni 2018 kembali lagi ke zona gocap. Layaknya zombi, saham ABBA tampak tak bertenaga, hidup namun pergerakannya lambat.

Gairahnya mulai terlihat lagi belakangan ini seperti yang terlihat hari ini, Kamis (13/9/2018). Hingga pukul 11.10 waktu JATS, saham ABBA sudah naik 28 poin (31,11%) ke Rp 118.

Jeda perdagangan saham siang ini saham ABBA menguat 27 poin (30,00%) ke Rp 117. Sejak Jumat lalu, saham berkode ABBA ini sudah melonjak 136%, dari posisi Rp 50 per lembar jadi Rp 118 per lembar.

ABBA merupakan induk usaha sejumlah Grup usaha media dan hiburan di bidang penyiaran, percetakan dan penerbitan, Online dan Marketing Company.

Perusahaan yang dimiliki Erick Thohir lewat ABBA diantaranya adalah Mahaka Media yang menaungi Harian Republika, Republika Online dan City TV Network.

City TV Network menjadi induk sejumlah TV lokal seperti Jak tv, City TV, Lombok TV dan KCTV.

Adapula bisnis penyiaran seperti Prambors Chanel, mahaka radio Integra yang memiliki Gen FM, Jak FM dan Hot FM.

ABBA juga punya bisnis di sektor kuliner seperti Hanamasa dan Pronto. Sementara di sektor properti ada MidPlaza Holding.

Sejumlah pengamat pasar modal tak menyangka isu pengangkatan Erick Thohir sebagai Ketua Timses TKN JokowiMaruf akan direspon positif pasar dan ternyata memberikan pengaruh besar terhadap pergerakan harga saham perusahaanya.

Dahsyatnya dalam 3 hari perdagangan saja, saham ABBA sudah menguat 142%. Penguatan itu bahkan membuat PT Bursa Efek Indonesia (BEI) selaku wasit pasar modal mengawasi penuh pergerakan saham ABBA. (tim)

Leave a Reply