Tersangka Utama Kasus Tragedi Kanjuruhan Bebas, Wow!

Sementara berkas perkara Hadian Lukita dikembalikan jaksa peneliti karena dianggap belum lengkap dan belum memenuhi unsur dalam pasal yang diterapkan.

Surabaya, EDITOR.ID,- Akhmad Hadian Lukita, salah satu tersangka penting dalam kasus tragedi Stadion Kanjuruhan yang menewaskan 135 orang, bebas. Mantan Direktur Utama PT Liga Indonesia Bersatu (LIB) itu dibebaskan karena berkasnya tak kunjung lengkap. Jaksa mengembalikan berkas ke polisi atau P19 karena dinyatakan kurang lengkap.

Sementara di saat yang bersamaan, masa penahanan Hadian di Polda Jatim sudah habis. Polisi terpaksa membebaskan dan melepas Hadian Lukita dari tahanan Polda Jawa Timur sejak Rabu (21/12/2022).

“Dengan waktu yang sudah habis, kami wajib untuk mengeluarkan Hadian dari tahanan,” sebut Kepala Subdirektorat I/Kamneg Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jatim AKBP Achmad Taufiqurrahman.

Eks Dirut PT LIB itu bebas karena masa penahanannya di Polda Jatim sudah habis. Maka tersangka bebas.

“Namun bukan bebas karena kasusnya dihentikan atau SP3. Dia wajib lapor setiap Senin,” tegasnya.

Hadian Lukita adalah satu dari enam tersangka kerusuhan Kanjuruhan yang diproses hukum.

Sedangkan lima tersangka lainnya sudah dilimpahkan ke Kejati Jatim karena berkas perkaranya lengkap atau P21.

Sementara berkas perkara Hadian Lukita dikembalikan jaksa peneliti karena dianggap belum lengkap dan belum memenuhi unsur dalam pasal yang diterapkan.

Meski sudah bisa menghirup udara bebas, namun polisi memastikan Hadian Lukita masih berstatus tersangka.

“Statusnya masih tersangka, kasusnya tidak dihentikan,” ujar AKBP Achmad Taufiqurrahman dikonfirmasi Kamis (22/12/2022).

Penyidikan dalam kasus yang menjerat Hadian Lukita masih terus berjalan, dan penyidik akan terus berusaha memenuhi petunjuk jaksa dalam hal memenuhi unsur pasal pidana yang diterapkan.

Kata Taufiq berkas Hardian belum memenuhi syarat oleh jaksa. Oleh Karena itu harus diperbaiki dan melengkapinya.

“Satu berkas yang dikembalikan untuk tersangka Hadian Lukita, itu ada pengembalian P19 dari kejaksaan, terkait dengan kelengkapan syarat materiel yang nanti kami tetap akan melakukan kelengkapan terhadap kekurangan itu,” ucapnya.

Meski dibebaskan, polisi tidak menerbitkan surat perintah penghentian penyelidikan dari kepolisian (SP3) terhadap Hadian. Dia masih berstatus tersangka.

“Rencana kami akan berupaya mencari keterangan ahli kembali, tidak SP3, tapi dikeluarkan karena masa penahanan sudah habis,” ucapnya.

Berkas Hadian Belum Lengkap Dan Belum Penuhi Unsur Dalam Pasal yang Diterapkan

Sementara itu, kepala Kejati Jawa Timur, Mia Amiatu membenarkan pihaknya telah mengembalikan satu berkas tersangka Tragedi Kanjuruhan yang belum lengkap atas nama Hadian Lukita. Berkasnya belum dinyatakan lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: