Settia

Semua PNS di Jakarta Wajib Eksodus ke Kaltim 2024

EDITOR.ID, Jakarta,- Pemindahan ibukota Republik Indonesia ke Kalimantan Timur kian dimatangkan pembahasannya. Setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar landasan payung hukumnya segera dibuat, tahap selanjutnya membagi master plan kluster wilayah pemerintahan. Dan hal ini juga sudah disepakati.

Kini tinggal penanganan Sumber Daya Manusia (SDM) yakni Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan bekerja disana.

Presiden Jokowi memastikan semua aparatur sipil negara (ASN) pindah ke ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. Hal itu menyusul proyek pembangunan cluster pemerintah yang selesai pada tahun 2024.

“Pindah semuanya langsung,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

ASN yang pindah tentunya yang bekerja di instansi pemerintah pusat baik kementerian dan lembaga. Dirinya pun sudah memerintahkan kepada Kementerian PAN-RB untuk mendata seluruh ASN yang saat ini berada di DKI Jakarta.

“Itu sudah kita perintahkan kepada Menpan untuk menyurvei dulu kira-kira yang ingin nggak pindah berapa persen. Kita harus tahu dong,” jelasnya.

Ibu kota negara di Kalimantan Timur nantinya akan terdiri dari beberapa kluster, mulai dari pemerintahan, pendidikan, kesehatan, keuangan, hingga riset dan pengembangan.

Khusus kluster pemerintah, Mantan Wali Kota Solo ini menegaskan akan selesai pada tahun 2024. Dengan begitu seluruh ASN pemerintah pusat pun akan pindah ke Kaltim.

“Insyaallah kita harapkan seperti itu,” ungkapnya. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *