Settia

RS MMC Jakarta Gelar Bincang Sehat Cegah Kanker

EDITOR.ID, Jakarta,- Rumah Sakit Metropolitan Medical Center (MMC) Jakarta kembali menggelar acara #BincangSehatdiTaman sebagai wujud dari pengabdian dan kepedulian terhadap upaya pencegahan penyakit dan hidup sehat.

Acara ini juga dalam rangka memperingati Hari Kanker se Dunia, Kegiatan yang digelar di Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (9/2/2020) ini dihadiri ratusan warga Jakarta dan luar ibukota.

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai wujud kepedulian akan gaya hidup sehat masyarakat. Acara dipadati peserta yang datang dari berbagai komunitas dan tokoh masyarakat. Mereka sangat antusias untuk datang dan mengikuti acara ini karena mereka sangat ingin memahami bagaimana pola gaya hidup sehat untuk menangkal dan mencegah penyakit kanker.

#BINCANGSEHATDITAMAN kali ini mengambil tema “Cancer Prevention: Faith Over Fear” sehubungan dengan peringatan Hari Kanker Sedunia.

Acara dipandu oleh Athalla Hardian, None Jakarta 2018. Acara pembukaan diawali dengan penampilan Anela Kayela dari Youth Harp Ensemble, gadis kecil berusia 9 tahun yang lincah bermain harpa, diikuti aksi menawan sejumlah musisi dari komunitas Taman Suropati Chambers.

Setelah penampilan Youth Harp Ensemble, acara berikutnya disisi paparan dari Direktur Komunikasi dan Pemasaran Rumah Sakit MMC, Dr. Rusi Syamsi seputar bagaimana menjaga pola gaya hidup sehat.

Dr Rusi Syamsi pagi itu tampil ke panggung dengan mengawali menyapa para pengunjung. Pagi yang indah diawali dengan semangat optimis.

“Kanker bukan untuk ditakuti, tapi dikenali, sehingga bisa dicegah lebih dini. Dengan diketahui lebih cepat, pengobatannya pun bisa lebih efektif,” ujarnya.

Acara #BINCANGSEHATDITAMAN dengan tema “Cancer Prevetion: Faith Over Fear” juga menghadirkan perbincangan akrab bersama Dr. Febiansyah Ibrahim, spB-KBD, Dr. Andara Dwike Kusuma, dan Dr. Arief Ghazali, spOG.

Menurut Dr Rusi Syamdi ada beberapa hal menarik yang dapat kita catat adalah bahwa kanker non genetik dapat dicegah dengan serangkaian gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, mengontrol berat badan, menghindari stress, dan istirahat yang cukup.

“Selain itu, mencegah kanker juga bisa dilakukan dengan cara medis yaitu skrining kesehatan secara rutin dan berkala,” kata dokter Rusi.

Acara ini juga dihadiri Pemred Indonews.id yang juga Ketua Forum Intelektual Studi UI (FIS UI), Asri Hadi dan sejumlah alumni SMA di Jakarta.

Acara pun semakin menarik dengan tampilnya Indro Warkop dan putrinya, Hada membagi kisah mereka menjalani hari-hari menemani sahabat, istri, dan ibu yang terkena kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *