PT JTT, Terjadi Peningkatan 200 Persen Arus Balik Melalui GT Kalikangkung

Semarang,EDITOR.ID, – Meski lebaran sudah memasuki H+6 PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) menyebutkan, bahwa terjadi peningkatan selama arus balik Lebaran 2023 hingga mencapai 275,9% dari lalu lintas normal yang melalui Gerbang Tol Kalikangkung.

Vice President Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol Ria Marlinda Paallo mengatakan, sebanyak 157.517 kendaraan telah meninggalkan Semarang melalui Gerbang Tol Kalikangkung sejak 24 hingga 26 April 2023. Bahkan angkanya naik dibanding lalu lintas normal yang berada pada angka 41.904 kendaraan.

“Memang untuk kendaraan yang menuju Semarang tercatat sebanyak 13.502 kendaraan atau turun 67 persen dari lalu-lintas normal sebanyak 40.887 kendaraan,” ujar Ria, Kamis (27/4).

Menurutnya, PT Jasamarga Transjawa Tol juga mencatat volume lalu lintas pada H+1 hingga H+3 Lebaran di Gerbang Tol Banyumanik tercatat sebanyak 100.870 kendaraan, meninggalkan Semarang melalui GT Banyumanik atau naik 71% dari lalu-lintas normal sebanyak 58.983 kendaraan.

“Kendaraan yang menuju Semarang atau arah Jakarta tercatat sebanyak 183.808 kendaraan atau naik 218,1% terhadap lalu lintas normal sebanyak 57.785 kendaraan,” tuturnya.

Sementara untuk Gerbang Tol Colomadu tercatat sebanyak 67.370 kendaraan yang meninggalkan Kota Solo naik 280% dari lalu lintas normal sebanyak 17.739 kendaraan.

“Sedangkan kendaraan yang menuju Kota Solo melalui GT Colomadu tercatat sebanyak 43.078 kendaraan atau naik 170% dari lalu-lintas normal sebanyak 15.939 kendaraan,” ujarnya.

Sedangkan pada Gerbang Tol Srondol, tutur Ria, volume kendaraan meninggalkan Semarang tercatat sebanyak 23.175 kendaraan atau turun 22% dari lalu-lintas normal rata-rata sebanyak 29.599 kendaraan.

Sementara itu, Koordinator Tim Satuan Tugas Jasa Marga Siaga Operasional Hari Raya Idul Fitri 1444 H Wilayah Jawa Tengah Nasrullah memberikan himbauan kepada pengguna jalan tol Trans Jawa untuk mempersiapkan diri sebelum memasuki perjalanan di jalan tol.

“Pastikan diri dan kendaraan dalam kondisi prima, selalu mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah saat berada di rest area, memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan,”tuturnya.

Informasi lalu-lintas terkini dan permintaan pelayanan lalu-lintas jalan tol dapat diakses melalui One Call Center 24 Jam Jasa Marga Group di nomor 14080, Twitter @PTJASAMARGA serta aplikasi Travoy 4.1 untuk pengguna iOS dan Android.(tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: