Settia

Peringati HUT RI PDIP Surabaya Ziarahi Makam Pahlawan

EDITOR.ID – Surabaya, DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Surabaya memperingati HUT ke-75 RI dengan melakukan ziarah dan tabur bunga ke makam pahlawan di Jalan Kusumabangsa, Kota Surabaya, Jawa Timur, Senin (17/8).

“Peringatan kemerdekaan yang ke-75, menjadi momentum bagi kita untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia. Bagi negara dan bangsa yang diperjuangkan dengan nyawa dan air mata oleh Bung Karno, Bung Hatta, dan jutaan pahlawan,” ujar Ketua DPC PDIP Surabaya Adi Sutarwijono saat ziarah ke makam pahlawan.

Ziarah kemudian berlanjut ke makam para pejuang PDI Perjuangan, antara lain Ir Sutjipto, Sudjamik, dan L Soepomo di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Keputih Surabaya.

Menurut Adi, para pejuang partai tersebut telah memberi teladan perjuangan yang gigih mewujudkan demokrasi di tanah air.

“Beliau-beliau adalah pejuang partai yang setia sampai akhir kepada Ibu Megawati Soekarnoputri, sejak Kongres Luar Biasa PDI 1993, hingga melewati masa-masa sulit. Kemudian, menegakkan PDI Perjuangan sehingga menjadi kokoh dan kuat. Beliau-beliau adalah pejuang partai yang berada di garis depan untuk mewujudkan PDI Perjuangan sebagai wadah kedaulatan rakyat seperti saat ini,” ujar Adi.

Sementara itu, pada Minggu malam (16/8/2020), DPC PDIP Surabaya juga memberikan penghargaan 17 veteran dan warakawuri (janda para pejuang perang).

“Kita berdosa jika tidak melanjutkan perjuangan para pahlawan, para pejuang, para veteran, dan mengkhidmati keteguhan para warakuwuri melewati masa-masa sulit dengan kesabaran revolusioner. Maka tidak ada opsi lain, tidak ada opsi bersantai, opsi kita hanya satu membersamai rakyat hingga merdeka dari pandemi dan memulihkan krisis kesehatan serta ancaman krisis ekonomi,” kata Adi.

Oleh sebab itu, kata dia, PDIP Surabaya terus menggeber program-program konkrit yang membantu rakyat menghadapi pandemi. “Kegiatan-kegiatan sosial terus kami lakukan, bergotong-royong menemani warga menghadapi pandemi,” ujar Adi.

Selain itu, PDIP Surabaya juga menggelar tasyakuran kemerdekaan dan doa bersama para pemuka lintas agama di kantor PDIP Surabaya.

Kader-kader dan pengurus PDIP di Surabaya juga mengikuti upacara detik-detik proklamasi dan pengibaran bendera Sang Merah Putih dari Istana Negara yang dipimpin Presiden Joko Widodo, yang disiarkan melalui televisi. (Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *