Settia

Elektabilitas Terbaru Parpol 2021, PDIP Semakin Moncer, PSI Mengejutkan

Elektabilitas Terbaru Parpol 2021, PDIP Semakin Moncer, PSI Mengejutkan

EDITOR.ID, Jakarta,- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) semakin moncer hingga menjadi pilihan teratas dalam preferensi partai politik yang dipilih masyarakat jika pemilu digelar saat ini.

Berdasarkan hasil survei Voxpopuli Research Center yang dirilis pada Kamis (16/12), partai berlambang banteng ini dipilih oleh 16,3 persen responden.

Survei dilakukan pada 1-10 Desember 2021 melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) mewakili seluruh provinsi di Indonesia. Margin of error survei plus minus 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

img 20211220 144628
Data survei PDIP teratas jadi pilihan masyarakat

?PDIP meraih peringkat pertama dengan elektabilitas 16,3 persen, disusul Gerindra 12,7 persen, PKB 8,5 persen, dan Golkar 8,0 persen,? ujar Direktur Komunikasi Voxpopuli Research Center Achmad Subadja.

Ia menyebutkan papan atas partai politik Tanah air dikuasai partai-partai pendukung Jokowi. Sementara partai oposisi juga tetap berada di papan tengah. Hasil survei menunjukkan elektabilitas PKS dan Demokrat sebagai oposan masing-masing sebesar 5,3 persen dan 5,0 persen.

?Kubu oposisi harus mengambil strategi baru jika ingin mendongkrak elektabilitas,? kata Achmad sebagaimana dilansir nkripos.

Ada yang mengejutkan dalam Temuan survei yakni elektabilitas PSI dan PAN. Elektabilitas PSI naik dukungan 5,1 persen responden, sementara PAN melorot ke papan bawah dengan 1,1 persen.

Elektabilitas PSI bahkan menyalip Nasdem dengan 4,5 persen, dan PPP 2,2 persen. Adapun PAN kalah dari partai politik baru, Gelora dengan 1,4 persen dan Partai Ummat 1,2 persen.

Selain PAN, Gelora dan Partai Ummat, papan bawah diisi Perindo dengan 0,6 persen, Hanura 0,5 persen, Berkarya 0,3 persen, PBB 0,2 persen, dan PKPI 0,1 persen.

“Garuda dan Masyumi Reborn nihil, sisanya partai-partai lainnya 0,9 persen, Tidak tahu/tidak jawab 26,1 persen,” pungkas Achmad. (dq)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *