Settia

‘Maung’ Kendaraan Tempur PT.Pindad Yang Siap Bersaing di Kancah Internasional

EDITOR.ID, Bandung – PT Pindad merilis kendaraan taktis 4×4 terbaru yang diberi nama ‘Maung’. Kendaraan tempur ini dirancang Pindad dengan kemampuan untuk beroperasi di segala medan.

Kelebihan utama dari Maung adalah mampu menerjang medan-medan sulit dan beroperasi lepas ruas jalan aspal. Meskipun begitu, Maung tetap prima dioperasikan di ruas jalan aspal dan mampu bermanuver dengan baik.

Maung memiliki kecepatan aman 120 km/jam, transmisi manual 6 speed dan mampu menjangkau jarak tempuh hingga 800 km. Maung juga dilengkapi dengan braket senjata 7,62 mm, konsol SS2-V4, perangkat GPS navigasi dan tracker kendaraan serta perlengkapan lainnya.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto mencoba secara langsung performa kendaraan taktis 4×4 Maung buatan Maung buatan Pindadn di Sirkuit Sentul, Bogor pada Minggu, 12 Juli 2020.

Pengujian Maung merupakan tindak lanjut diskusi antara Menteri Pertahanan RI dengan Direktur Utama PT Pindad (Persero) pada Jumat, 10 Juli 2020 di Sesko TNI, Bandung. Pada diskusi tersebut, Prabowo tertarik untuk menguji Maung yang dipamerkan bersamaan dengan Ventilator yang akan diproduksi Pindad.

Pengujian awal dilakukan di medan datar (on road), yakni jalan aspal dan paving. Maung mampu bergerak taktis dengan memperhatikan aspek kenyamanan.

Usai mencoba langsung kendaraan taktis Maung, Prabowo menyatakan Kementerian Pertahanan akan terus mendukung upaya peningkatan produksi alutsista dalam negeri, serta mendukung program penelitian dan pengembangan agar nantinya seluruh hasil produksi dalam negeri dapat mandiri secara utuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *