Settia

Masya Allah, Tak Ada Merah Putih di Rembang

EDITOR.ID, Rembang,- Ditengah rakyat Indonesia secara khusuk mengenang 75 tahun para pendiri bangsa ini mendirikan negara Indonesia. Di Kabupaten Rembang makna Perayaan HUT 17 Agustus dianggap angin lalu. Buktinya ketika semua daerah berlomba-lomba memeriahkan Perayaan HUT RI dengan umbul-umbul dan bendera, alun-alun Kabupaten Rembang justru tak ada satupun bendera dipasang.

Ketiadaan bendera di alun-alun Pemkab Rembang tersebut terekam di video berdurasi 1 menit dan viral di media sosial utamanya di platform group pesan jejaring whatsapp.

Video tersebut direkam sendiri oleh KH Ahmad Mustofa Bisri atau yang akrab disapa Gus Mus. Kemungkinan menggunakan kamera ponsel. Dalam rekaman video, kiai yang juga sastrawan tangguh mempertanyakan Alun-alun Rembang yang bersih dari bendera merah putih di HUT ke-75 RI hari ini.

“Hari ini, tanggal 17 agustus 2020, hari (ulang tahun) kemerdekaan Republik Indonesia, ada yang aneh menurut saya. Di Alun-alun kota Rembang, tidak ada satu pun bendera merah putih dikibarkan, tak ada satu pun bendera merah putih dikibarkan,” ucap Gus Mus dalam kritikan keras.

Terekam Gus Mus mengenakan kaus bernuansa merah putih, mengenakan kacamata, topi putih bergaris-garis hitam dan masker warna hitan bertulis ‘Masker untuk Indonesia’.

Sambil terus berjalan dan sesekali terlihat mengamati kondisi di sekitarnya, Gus Mus terus berbicara dalam rekaman video tersebut.

Pengasuh Ponpes Raudlatut Thalibien Rembang ini menyampaikan sejumlah pertanyaan-pertanyaan tajam atas kenyataan tersebut. Setidaknya ada 3 butir pertanyaan yang dilontarkannya kepada Pemda setempat, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Rembang.

“Pertanyaannya saya kepada Pemda Rembang, mulai Bupati sampai DPRD-nya. Apa lupa, apa tidak punya bendera, apa karena lagi sibuk memikirkan Pilkada? Terimakasih,” tanya Gus Mus di penghujung video.

Ada juga pertanyaan-pertanyaan tajam dari pengasuh Ponpes Raudlatut Thalibien Rembang tersebut yang disampaikan dalam rekaman terkait tidak adanya pengibaran bendera merah putih di Alun-alun Rembang pagi ini. (dtc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *