Settia

KPU Kediri: Pendamping Paslon Saat Pendaftaran Dibatasi

EDITOR.ID – Kediri, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kediri, Jawa Timur, membatasi jumlah pendamping pasangan bakal calon kepala daerah yang hendak mendaftar sebagai peserta Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020.

“Tadi sudah ada masukan dari gugus tugas dan juga kepala dinas kesehatan terkait dengan batasan maksimal di dalam gedung. Jadi, tidak banyak orang yang nanti masuk, yang berkepentingan saja,” kata Ketua KPU Kabupaten Kediri Ninik Sunarni di Kediri, Kamis (3/9) malam.

Ia mengatakan pembatasan itu juga dilakukan mengingat saat ini masih terjadi pandemi COVID-19. Selain para pendamping pasangan calon, jumlah media yang diizinkan masuk juga dibatasi untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Sementara itu, anggota KPU Kabupaten Kediri Divisi Divisi Teknis Penyelenggaraan Anwar Ansori menambahkan KPU sudah melakukan persiapan secara matang untuk pendaftaran pasangan calon dari partai yang berlangsung mulai 4-6 September 2020.

“Untuk pencalonan penting bagi kami persiapan untuk pendaftaran. Tetap memperhatikan protokol kesehatan,” kata Anwar.

Ia mengatakan seluruh tamu yang hadir harus lewat pintu depan. Nantinya yang masuk akan dilakukan tes kesehatan dengan dilakukan pengecekan suhu tubuh, cuci tangan hingga diberi cairan pembersih tangan.

Secara jumlah, yang di dalam ruangan gedung Bhagawanta Bhari Kabupaten Kediri tersebut dibatasi sekitar 80 orang saja. Selain bakal calon yang hendak daftar dan LO (liaison officer), juga perwakilan dari partai pengusung dan pendukung termasuk dari Bawaslu Kabupaten Kediri.

Dari informasi yang diterimanya, Anwar mengatakan pasangan bakal calon Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono dengan bakal calon Wakil Bupati Dewi Maria Ulfa akan mendaftar di KPU Kabupaten Kediri pada Jumat (4/9).

Informasinya, ayah Dhito, yakni Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung dan sejumlah anggota DPR dari PDIP juga akan ikut mendampingi pendaftaran Dhito dan Dewi Maria tersebut di Pilkada Serentak 2020.

Pilkada di Kabupaten Kediri diprediksi sejumlah pihak akan lawan kotak kosong, karena semua rekomendasi dari partai politik ternyata diserahkan untuk pasangan Dhito dan Dewi Maria tersebut.

Sementara itu, KPU Kabupaten Kediri juga sudah menggelar simulasi pendaftaran pasangan calon di Gedung Bagawanta Bhari, Kabupaten Kediri. KPU juga sudah mendesain simulasi dengan protokol kesehatan ketat, seperti jaga jarak di setiap kursi yang disediakan. (Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *