Settia

Kapolres Kendal Pimpin Langsung Penyemprotan Desinfektan Serentak

Kendal – Sebanyak 250 personel Polri, 50 personel dari TNI, kemudian 15 personel dari Damkar dan 20 personel dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal dikerahkan dalam kegiatan Penyemprotan Desinfektan Serentak Guna Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19 atau Corona yang diinisiasi Polres Kendal.

Kegiatan yang dimulai dengan apel bersama, di halaman Mapolsek Kota Kendal, dipimpin oleh Kapolres Kendal, AKBP Ali Wardana, didampingi Dandim 0715 Kendal, Letkol Inf Ginda M Ginanjar dan Wakil Bupati Kendal, Masrur Masykur, serta dihadiri perwakilan dari Kejaksaan dan OPD Pemkab Kendal, Selasa (31/3).

Kapolres Kendal, AKBP Ali Wardana menyatakan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut merupakan tindak lanjut perintah dari Kapolri, yaitu penyemprotan serentak seluruh Indonesia. “Ini adalah upaya pencegahan penyebaran virus Corona di Indonesia, dan pada khususnya di wilayah Kabupaten Kendal,” ujarnya, kepada wartawan usai melaksanakan apel.

Dijelaskan oleh Kapolres, dalam kegiatan yang melibatkan berbagai unsur baik Polri, TNI, Damkar, Dinkes dan unsur lain, menyasar berbagai wilayah di Kendal. “Ada delapan kendaraan yang kita gunakan, satu kendaraan milik polri dan tujuh kendaraan Damkar milik pemda. Titik-titik yang menjadi sasaran adalah fasilitas umum dan daerah yang masyarakatnya ada ODP dan PDP,” terang Kapolres.

Secara terperinci titik-titik penyemprotan disampaikan oleh Kapolres, khusus kendaraan water canon menyasar di jalan-jalan area kantor kabupaten, kemudian area Masjid Agung, kemudian jalan Masjid ke utara, berlanjut ke jalan Laut RSUD Soewondo, lalu menuju Taman Gajahmada dan Stadion Kebondalem.

“Untuk tujuh kendaraan Damkar dibagi dalam beberapa wilayah seperti, Damkar 1 dan 2 di wilayah kota Kendal, Damkar 3 di wilayah Kaliwungu sekitarnya, kemudian Damkar 4 wilayah Purin kebarat sampai RM Sarirasa, Damkar 5 di wilayah sekitar Weleri, Damkar 6 di wilayah Boja sekitarnya, dan Damkar 7 di wilayah Sukorejo sekitarnya,” imbuh Kapolres.

Kapolres mengaku, tempat atau daerah yang masyarakatnya terindikasi ODP atau PDP juga tidak luput dari penyemprotan. “Beberapa wilayah dalam pengawasan, ada di kecamatan Kaliwungu, Kaliwungu Selatan, Rowosari, Weleri, Boja dan Kota Kendal,” jelas Kapolres.

Kapolres berharap, agar masyarakat turut membantu dalam upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 ini, dengan mematuhi imbauan dari pemerintah dan selalu menjaga kebersihan lingkungan.

“Sementara waktu kita hindari pertemuan-pertemuan dan kontak langsung dengan orang lain. Kita upayakan bersama agar Kendal bebas dari virus yang meresahkan masyarakat dunia ini,” tegas Kapolres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *