Settia

Rutan Stop Penitipan Tahanan, Kapasitas Sel di Mapolresta Masih Cukup

Surakarta – Penghentian sementara penitipan tahanan oleh Rumah Tahanan (Rutan) Klas IA Surakarta belum berdampak pada penanganan perkara di Polresta Surakarta. Ruang tahanan di mapolresta setempat masih mencukupi.

“Sampai saat ini kapasitas ruang tahanan Polresta Surakarta masih aman ya. Artinya belum overload,” terang Kapolresta Surakarta Kombes Pol Andy Rifai kemarin (30/3).

Kondisi kesehatan seluruh tahanan terus dipantau. Kasi Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) bertanggung jawab melakukannya. Apabila ada tahanan yang mengeluh sakit, maka harus segera melapor agar secepatnya diperiksa tim medis Dokpol

“Apabila perlu penanganan labih lanjut, langsung dibawa ke rumah sakit. Ruang tahanan rutin kami semprot dengan cairan disinfektan. Kami juga menutup layanan besuk sementara,” paparnya.

Terpisah, Kepala Rutan Klas IXA Surakarta Soleh Joko Sutopo mengatakan, pemberhentian sementara penitipan tahanan dilakukan hingga Selasa (31/3). Namun karena Pemkot Surakarta memperpanjang status kejadian luar biasa (KLB) hingga Senin (13/4), maka rutan juga menyesuaikan. Besuk tatap muka diganti dengan layanan video call. “Kiriman makanan masih diperbolehkan melalui pemeriksaan (petugas) kami,” ujarnya.

Pihak rutan juga membuat boks sterilisasi di depan pintu masuk rutan. Sebelum masuk rutan, petugas maupun pengunjung wajib mencuci tangan menggunakan sabun di wastafel depan pintu masuk rutan.

“Cairan disinfektan tidak akan membuat alergi atau gatal-gatal karena cairan itu sudah diracik oleh petugas medis rutan,” terang dia. (dealova)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *