Settia

AMDI-Kementrian Pariwisata Jajaki Jalin Sinergi Bidang Media Digital

EDITOR.ID, Jakarta,- Asosiasi Media Digital Indonesia (AMDI) menjajaki kerjasama dengan Kantor Kementrian Pariwisata. Kerjasama tersebut dalam bentuk dukungan dari media digital yang selama ini menjadi anggota AMDI untuk memberikan pemberitaan positif yang bisa menjadi penetrasi pasar wisata dunia.

Hal ini tercetus saat jajaran pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Asosiasi Media Digital Indonesia (AMDI) menggelar pertemuan dengan staf Khusus Menteri Pariwisata Arief Yahya.
Hadir dalam pertemuan ini Dewan Pembina AMDI Ahmed Kurnia Soeriawidjaja, Djono W Oesman. Ketua Umum AMDI Budi Rahardjo, Sekjen AMDI Edi Winarto, Bendahara AMDI Asri Hadi dan jajaran pengurus seperti Koeshondo W Widjojo, Toto dan Tim Ahli IT AMDI Adhianto. Dari kantor Kementrian Pariwisata selain Staf Khusus Don Kardono juga hadir Guntur.

Dewan Pembina Asosisasi Media Digital Indonesia (AMDI) Ahmed Kurnia Soeriawidjaja mengatakan, anggota organisasi AMDI mewadahi puluhan media digital. Dan pihaknya siap membantu mengembangkan branding 10 destination pariwisata Indonesia melalui sebuah produk pemberitaan yang menarik dan viral.

“Kami siap mendukung kemajuan pariwisata di Indonesia melalui program kampanye via media digital dan jaringan start apps,” ujarnya Pemimpin Redaksi Infopublik.id disela-sela pertemuan.

Staf Khusus Menteri Pariwisata Don Kardono menyambut positif sinergi AMDI dengan Kementrian Pariwisata. Menurut mantan Pemimpin Redaksi Indopos ini, sejak awal Menteri Pariwisata Arief Yahya yang memang memiliki background orang IT dan digital memang ingin membangun industri pariwisata berbasis kampanye digital dengan jaringan global.

Ketika awal memimpin Kantor Kementrian Pariwisata, Menteri Pariwisata ingin membangun dulu branding Indonesia agar dikenal luas dunia melalui jaringan media digital. Baru kemudian memasarkan industri pariwisatanya. Tagline yang dipakai untuk berkampanye tentang destinasi wisata Indonesia dengan tagline “Indonesia Wonderful”.

“Setelah memetakan destinasi terbaik pariwisata kita pak Menteri yang punya background IT dan digital memang punya visi mengembangkan pariwisata dengan cara mengkampanyekan branding Indonesia melalui jaringan start apps, media sosial dan media aplikasi dunia, dalam beberapa macam bahasa,” katanya.

Kementrian Pariwisata, lanjut Don, punya strategi membranding destinasi wisata Indonesia melalui jaringan internasional untuk memberikan informasi tentang Indonesia kepada masyarakat internasional. “Kami memanfaatkan banyak media sosial dunia, juga media digital seperti BBC, CNBC, CCTV, semua jaringan kami gunakan untuk membranding Indonesia Wonderful,” katanya.

Setelah masyarakat internasional “ngeh” dan tertarik dengan kecantikan alam Indonesia dengan semua kemudahan dan infrastruktur pariwisata, barulah industri pariwisata selling. “Dan kami menyiapkan aplikasi jualannya secara online, jadi calon wisawatawan cukup mengakses kepergian ke Indonesia dari mulai transportasi, akomodasi hingga pemandu wisata secara online,” katanya.

Sehingga kehadiran AMDI ke Kementrian Pariwisata bisa menjadi sebuah inovasi untuk membangun kemitraan di bidang media digital. “Ini membuat kami senang jika AMDI bisa mendukung keberhasilan pariwisata kita di dunia, melalui pemberitaan media digital,” katanya.

Ketua Umum AMDI Budi Rahardjo mengatakan, media digital yang tergabung dalam AMDI memiliki akses yang sangat besar untuk menarik wisatawan manca negara melalui produk tulisan yang informatif.

Misalnya bagaimana jika para wisatawan ingin melancong ke salah satu destinasi wisata, bagaimana tentang kondisi tujuan wisata, kendaraannya, pemandu wisatanya, biaya tinggal disana.

“Kita bisa membantu untuk bisa memberikan informasi melalui pemberitaannya,” kata Pemimpin Redaksi Majalah Matra dan Eksekutif ini. (tim)

Leave a Reply