Settia

Warga Diminta Waspada Banjir, BMKG Sebut Potensi Hujan Lebat Hari Ini

EDITOR.ID, Jakarta, – Bagi anda warga Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Kalimantan yang lokasinya rawan banjir agar lebih waspada dan berhati-hati. Pasalnya Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan bahwa hari ini Sabtu 29 Februari 2020 sejumlah wilayah di Indonesia akan berpotensi diguyur hujan lebat dan kencang.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat hari ini sampai esok adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Kalimantan Barat yang ditetapkan status siaga hujan lebat.

Sebelumnya lima hari yang lalu, Jakarta dan sekitarnya mengalami banjir, Warga banyak yang mengungsi keempat yang aman namun hari ini.

Berdasarkan pengumuman yang diterima Editor, Jumat (28/2/2020), BMKG menyebut potensi cuaca ekstrim sampai bulan Maret mendatang karena pengaruh pola tekanan rendah diwilayah Bumi Bagian Selatan (BBS) dan terdeteksinya keberadaan badai “Ferdinand” pada tanggal 24 Februari di wilayah Samudra Hindia Selatan NTB.

Untuk wilayah DKI Jakarta, BMKG menjabarkan wilayah yang berpotensi terdampak hujan lebat adalah Jakarta Barat (Grogol, Petamburan, Kebon Jeruk,Kembangan, Palmerah, Tamansari,Tambora), Jakarta Pusat (Cempaka Putih, Gambir, Johar Baru,Kemayoran, Menteng, Sawah Besar, Senen, Tanah Abang).

Wilayah lainnya di Jakarta yaitu Jakarta Selatan (Cilandak, Jagakarsa, Kabayoran Lama, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, Pesanggrahan, Setia Budi, Tebet), Kemudian di Jakarta Timur (Cakung, Cipayung, Duren Sawit, Jatinegara, Kramatjati, Makasar, Matraman, Pasarrebo, Pulogadung), dan Jakarta Utara (Cilincing, Danau Sunter DIl, Kelapa Gading, Koja, Pademangan, Penjaringan, Tanjung Priok).

Sedangkan untuk wilayah lain, BMKG menyebut di Jawa Barat hujan lebat berpotensi terjadi di Bekasi, Bogor, dan Karawang.

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin demikian himbauan dari BMKG kemarin hari pada waktu briefing jam 9.00 WIB yang disampaikan Iqbal (Staff BMKG) kepada Editor.(ard)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *