Siapakah Pemenang Survei Terbaru Pilpres 2024, Ini Sosoknya

Menariknya lagi dalam sejumlah survei, nama Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang sebelumnya selalu menempati urutan teratas kini justru mulai digeser paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang selalu menempati urutan tiga. Kini paslon Anies-Cak Imin mulai menohok ke urutan kedua menggeser Ganjar-Mahfud.

Capres Cawapres

Jakarta, EDITOR.ID,- Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 kian dekat tepatnya tanggal 14 Februari 2024. Nama Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) terkuat mulai terlihat dari hasil jajak pendapat gencar digelar lembaga survei.

Dari hasil sejumlah survei yang dirilis, loyalitas dukungan publik atau elektabilitas mulai stabil pada satu sosok Capres-Cawapres. Hampir semua lembaga survei “kompak” menempatkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai calon yang paling dipilih masyarakat.

Menariknya lagi dalam sejumlah survei, nama Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang sebelumnya selalu menempati urutan teratas kini justru mulai digeser paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang selalu menempati urutan tiga. Kini paslon Anies-Cak Imin mulai menohok ke urutan kedua menggeser Ganjar-Mahfud.

Terbaru, Jaringan Survei Pemuda Pelajar (JSPP) bersama Ragaplasma Research menempatkan pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming masih menempati urutan teratas di survei tersebut

Yang cukup mengejutkan dari hasil survei ini, paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang tadinya selalu berada di posisi buncit kini merangsek dan mengungguli Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Dalam keterangannya, JSPP mencatat tingkat elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 48 persen. Sementara 2 pesaingnya, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat elektabilitas 26 persen dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md 15 persen.

Di Jawa Barat Prabowo-Gibran Unggul Jauh

“Elektabilitas kandidat calon presiden dan wakil presiden di Jawa Barat, Prabowo-Gibran unggul cukup jauh dibanding dua kandidat lainnya. Elektabilitas Prabowo tinggi karena tingkat popularitas dan kesukaan cenderung lebih tinggi dibanding kandidat lainnya,” kata Direktur JSPP Salman Ramadhani, dikutip Sabtu (18/11/2023).

Selain dari sisi paslon, survei ini juga mencatat tingkat elektabilitas dari masing-masing kandidat yang akan maju di Pilpres 2024. Hasilnya, elektabilitas Prabowo tercatat mencapai 88%, disusul Anies 78%, Ganjar 73%, Gibran 62%, Mahfud MD 49%, dan Muhaimin 44%.

“Dan untuk tingkat kesukaan dari masyarakat Jawa Barat, Prabowo mendapat 74%, Anies 67%, Muhaimin 63%, Gibran 61%, Mahfud MD 59%, dan Ganjar 55%,” ucapnya.

Selain mensurvei tingkat elektabilitas paslon, JSPP dan Ragaplasma Research juga mencatat tingkat pengetahuan masyarakat tentang Pemilu 2024 baru mencapai 64 persen. Temuan ini pun menjadi catatan yang perlu diperhatikan lantaran masih ada 36 persen warga Jabar yang belum tahu kapan pelaksanaan Pemilu mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: