Settia

Siapakah Menteri Paling Memuaskan Publik? Ini…

EDITOR.ID, Jakarta,- Sebuah lembaga survey, Alvara Strategi Indonesia melalui Alvara Research Center melakukan polling untuk mengetahui dari 35 menteri pembantu Presiden Joko Widodo, siapakah yang paling berkinerja terbaik dan hasil pekerjaannya memuaskan publik?

Hasilnya? Erick Thohir yang dipercaya Presiden Joko Widodo menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menempati rangking pertama pejabat yang paling memuaskan publik. Ia meraih skore 4,02.

Sikap tegas Erick Thohir dalam memberikan sanksi terhadap jajaran direksi BUMN yang menyalahgunakan jabatannya seperti kasus direksi Garuda menjadi starting poin bagi Erick.

Di urutan kedua, muncul nama eks bos Gojek yang juga pengusaha digital terkaya di Indonesia, Nadiem Makarim yang dipercaya Presiden Jokowi menggawangi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pria yang masih muda berusia 35 tahun lulusan Harvard University ini mampu membuat perubahan besar di sistem pendidikan kita dengan konsep “Sekolah Merdeka” nya.

Di urutan ketiga diraih Sri Mulyani. Srikandi baja yang dipercaya Presiden Joko Widodo ini memang tak terkalahkan dalam menggawangi Kementrian Keuangan. Dia sudah dipercaya lebih dari 15 tahun sebagai menteri.

Kepiawaian dalam mengelola keuangan negara tak diragukan lagi hingga Bank Dunia pernah mempercayainya untuk memimpin lembaga ini. Bahkan sebuah Majalah di luar negeri menjulukinya sebagai wanita paling berpengaruh di Asia.

Hasil survei ini dirilis Alvara untuk mengukur kinerja menteri Kabinet Indonesia Maju pada 100 hari kerja Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin.

Hasil survei ini menggunakan skala 1 atau sangat tidak puas sekali sampai skala 6 atau sangat puas sekali. Sehingga diperoleh Top 10 Menteri yang menonjol dengan persepsi kinerja yang memuaskan publik.

“Menteri-menteri dari kalangan professional lebih mendapat apresiasi dari publik, terbukti dengan hampir semua 10 menteri dengan tingkat kepuasan tertinggi berasal dari kalangan profesional,” ujar Founder dan CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Dari hasil survei tersebut, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berada di urutan pertama sebagai menteri dengan kinerja yang paling memuaskan publik dengan nilai 4,02.

“Kebijakan bersih-bersih BUMN yang banyak didukung publik mendapat apresiasi tinggi dengan menempatkan Erick Thohir sebagai Menteri yang mendapat kepuasan tertinggi,” jelas dia.

Di urutan kedua, ditempati Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dengan nilai 3,95 dan diposisi ketiga diisi oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dengan nilai 3,94.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *