Settia

Ribuan Arek Jatim Beri Sapaan Khas “Cak Jokowi”

EDITOR.ID, Surabaya,- Calon Presiden (Capres) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) mendapat panggilan ‘Cak’ dari ribuan alumni SMA, SMK dan Perguruan Tinggi (PT) se-Jawa Timur (Jatim).

Tidak hanya diberi gelar “Cak” , calon presiden nomor urut satu Jokowi juga mendapat sebutan “Jancuk” oleh para pendukung Jokowi yang tergabung dalam Forum Alumni Jatim #01.

Panggilan baru Jokowi ini diberikan saat orang nomor satu di Indonesia ini hadir dalam acara deklarasi dukungan Forum Alumni Jatim #01 yang digelar di kawasan Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (2/2/2019).

Sematan nama “Jancuk” disampaikan pembawa acara dalam deklarasi. Pembawa acara Forum Alumni Jatim #01 menyebutkan sebutan Cak terhadap Jokowi memiliki arti Cakap, Agamis dan Kreatif.

“Mengapa disebut cak, karena Cak adalah Cakap, Agamis dan kreatif itulah Cak Jokowi,” ujar pembawa acara di depan Jokowi.

Pembawa acara itu kembali memberikan sebutan kepada Jokowi yakni Jancuk.

Dia menegaskan kata Jancuk bukan makna negatif atau umpatan melainkan memilki arti Jantan, Cakap, Ulet dan Komitmen.

“Kalau sudah Caknya, maka ndak komplit kalau tidak ada Jancuknya. Maka Jokowi adalah Jancuk. Apa itu Jancuk, Jantan cakap, ulet dan komitmen saudara-saudara,” teriak pembawa acara.

Lanjut ribuan warga yang menghadiri acara deklarasi juga ikut meneriaki Jokowi dengan sebukan : Jokowi Jancuk, Jokowi Jancuk.

Diketahui, biasanya Jancuk digunakan sebagai umpatan pada saat emosi meledak, marah, atau untuk membenci dan mengumpat seseorang.

Sebagai simbol atas panggilan baru itu, para perwakilan pendukung memberikan jaket denim tanpa lengan, bertuliskan ‘Cak Jokowi’ di bagian belakang. Seketika, Jokowi pun mengenakannya. “Wah macho sekali Pak,” teriak para pendukung.

Sabtu sore ribuan massa alumni SMA, SMK dan Perguruan Tinggi (PT) se-Jatim berkumpul di kawasan Tugu Pahlawan. Mereka menghimpun diri, mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan nomor urut 01 di Pemilihan Presiden (Pilpres) 17 April nanti.

Ketua Panitia Deklarasi Alumni SMA, SMK dan PT se-Jatim, Cak Ernawan mengatakan, para alumni se-Jatim menginginkan sosok pemimpin yang ikhlas bekerja keras tanpa pamrih. Sosok itu mereka nilai ada pada Jokowi.

Terkait dengan panggilan ‘Cak’ untuk Jokowi, Ernawan menyebut panggilan itu adalah sebutan khas warga Jawa Timur. Nah, mereka menganggap Jokowi adalah bagian dari warga seluruh bangsa, termasuk Jawa Timur. “Maka setiap ke Jatim akan dipanggil ‘Cak Jokowi,” katanya.

Capres nomor urut 01, Joko Widodo berbicara di hadapan para pendukungnya saat deklarasi dukungan di kawasan Tugu Pahlawan Surabaya, Sabtu (2/2/2019) (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *