Settia

Persentase Pasien Sembuh Corona Jatim Tertinggi di Indonesia

EDITOR.ID – Surabaya, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyampaikan kabar baik terkait kesembuhan pasien Corona Virus Disease (Covid) 19 di Jawa Timur. Bu Khofifah mengatakan sebanyak 65 pasien dinyatakan sembuh dari infeksi virus corona jenis baru atau Covid-19. Total ada 267 kasus terkonfirmasi positif di wilayah Jawa Timur.

Sementara Jumlah pasien Covid 19 yang sembuh itu mencapai 24,61 persen dibanding jumlah total pasien yang terkonfirmasi positif.

“Alhamdulillah, setiap hari selalu ada kabar baik dari yang sembuh. Hari ini ditambah dua orang, sehingga total 65 orang,” kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Sabtu, 12 April 2020.

Secara persentase, kata dia, tingkat kesembuhan di Jawa Timur mencapai 24,33 persen yang artinya tertinggi di antara seluruh provinsi lain.

“Jika dipersentasekan, tingkat kesembuhan di Jawa Timur ini tertinggi di antara provinsi lain di Indonesia. Saat ini sudah tercatat 24,61 persen untuk tingkat kesembuhan Covid 19 di Jawa Timur,” kata Khofifah saat jumpa pers di Gedung Negara Grahadi, Jumat (10/4/2020) petang.

Gubernur menjelaskan, tingginya jumlah pasien yamg sembuh itu sebagai bagian dari komitmen, profesionaliseme dan dedikasi yang kuat dari tenaga medik dan paramedik. “Alhamdulilah dan terima kasih tenaga medik dan paramedik serta tenaga kesehatan,” ujarnya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk berikan dukungan dan doa bagi para dokter dan perawat. “Kita berikan semangat dan doa kepada para dokter dan perawat serta seluruh tenaga kesehatan kita. Doa kita menjadi bagian dari kekuatan mereka untuk tetap berada di lini depan dalam pelayanan pasien Covid 19 ini,” ungkapnya.

Jika dibandingkan dengan provinsi lain di Indonesia, tingkat kesembuhan pasien di Jatim mencapai 24 persen memang berada di urutan pertama. Di posisi kedua yakni Provinsi Sulawesi Selatan sebesar 17 persen, ketiga Provinsi DI Yogyakarta 15 persen.

Posisi kelima untuk persentasi tingkat kesembuhan pasien positif Covid 19 yakni Jawa Tengah sebesar 13 persen. Posisi keenam dan ketujuh yakni DKI Jakarta dan Jawa Barat masing-masing 5 persen dan kedelapan Provinsi Banten sebesar 3 persen.

Secara rinci, jumlah pasien positif Corona yang sembuh yaitu 33 orang berasal dari Kota Surabaya, delapan orang asal Magetan, empat orang masing-masing asal Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Situbondo. Serta tiga orang asal Sidoarjo.

Kemudian, masing-masing satu orang berasal dari Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Banyuwangi, Gresik, Jember, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Madiun serta Kota Batu. (mdq)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *