Settia

Perancis Juara, Kroasia Meratap

EDITOR.ID, Moskow,- Perancis merayakan pesta kemenangan setelah memastikan gelar juara dunia untuk kedua kalinya. Sementara lawannya di final Piala Dunia 2018, Timnas Kroasia meratap setelah gagal tinggal selangkah lagi akan mencatatkan sejarah.

Dalam pertandingan yang ketat, tim biru berhasil mengalahkan perjuangan Timnas Kroasia 4-2. Kedua tim saling bermain menyerang. Namun pemain Kroasia tampak mencapai anti klimaks dan kelelahan karena dalam dua laga di perempat final dan semi final, harus mereka lalui dengan susah payah karena melalui adu pinalti dan perpanjangan waktu.

Sehingga pada laga final para pemain Kroasia tampak “kehabisan” tenaga. Laga final yang disaksikan sedikitnya 80 ribu penonton berlangsung di Stadion Luzhinki, Moskow, Minggu (15/7/2018) malam WIB.

Sukses di Rusia ini menjadi gelar juara dunia kedua kalinya buat Prancis setelah tahun 1998.

Dua dari tiga gol Prancis di laga final ini tercipta berkat kesalahan pemain Kroasia. Gol pembuka Prancis tercipta berkat sumbangan gol bunuh diri striker Kroasia Mario Mandzukic. Berniat membuang bola tendangan sudut Antoine Griezmann, sundulannya malah membuat bola bersarang ke gawang sendiri di menit 18.

Kroasia sempat memberikan perlawanan dengan gol penyeimbang yang dicetak Ivan Perisic di menit 28. Namun kesalahan Kroasia kembali menguntungkan Prancis.

Wasit menunjuk penalti setelah tendangan sudut dari Griezmann berhasil dihalau oleh Perisic, namun bola sempat mengenai tangannya. Wasit yang tidak melihat insiden itu akhirnya melihat tayangan ulang lewatt teknologi VAR setelah protes dilayangkan para pemain.

Griezmann yang menjadi algojo berhasil menyarangkan bola. Skor 2-0 untuk Prancis bertahan sampai babak pertama berakhir.

Striker Kroasia, Mario Mandzukic (kanan) beradu bola dengan bek timnas Prancis Benjamin Pavard.

Pertandingan menjadi lebih terbuka di babak kedua. Kroasia yang tertinggal, mengintensifkan serangan. Namun Prancis memperbesar keunggulan lewat gol Paul Pogba di menit 59.

Mendapatkan sodoran dari Griezmann, Pogba melepaskan dua kali tembakan. Yang pertama masih membentur pemain bertahan Kroasia, bola liar kembali pada dirinya. Dan tembakan kedua berhasil menggetarkan jala gawang Subasic yang sudah mati langkah.

Tak puas sampai di situ saja. Prancis kembali mengoyak jala gawang Kroasia. Kali ini gol dicetak Kylian Mbappe di menit 65. Menerima umpan dari Hernandez, Mbappe melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang tak bisa diantisipasi oleh Subasic. Skor 4-1 untuk Prancis.

Kroasia belum menyerah. Kali ini gantian mereka mendapat keberuntungan setelah kiper Prancis Hugo Lloris melakukan blunder. Umtiti memberikan umpan kepada Lloris, namun kiper Prancis itu gagal memindahkan bola kedepan karena mengenai kaki Mandzukic dan bola mengarah tepat ke gawang. Skor 4-2 masih untuk keunggulan Prancis.

Setelah itu perlahan, Pelatih Didier Deschamps mencoba mempertahankan keunggulan tersebut. Dia menarik keluar Olivier Giroud dan memainkan Nabil Fekir. Kroasia yang tertinggal mencoba mengepung pertahanan lawan. Namun tidak mudah membongkar pertahanan lawan.

Prancis sendiri beberapa kali mencoba melakukan serangan balik cepat. Namun sampai tambahan waktu lima menit, tidak ada tambahan gol tercipta. Prancis menang 4-2.

Susunan Pemain

Prancis: Hugo Lloris, Benjamin Pavard, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Paul Pogba, Antoine Griezmann, Olivier Giroud, Kylian Mbappe, N’Golo Kante, Blaise Matuidi, Lucas Hernandez.

Cadangan: N’Zonzi, Tolisso, Kimpembe, Lemar, Dembele, Mandanda, Rami, Fekir, Sidibe, Thauvin, Mendy, Areola

Kroasia: Subasic; Vrsaljko, Lovren, Vida, Strinic; Rakitic, Modric, Brozovic; Perisic, Mandzukic, Rebic

Cadangan: Pivaric, Kramaric, Corluka, Badelj, Livakovic, Kovacic, Kalinic, Jedvaj, Bradaric, Caleta-Car, Pjaca

Leave a Reply