Settia

Patroli Edukasi Corona Satpol PP Dibekali Alat Rapid Test

EDITOR.ID – Surabaya, Patroli Promotif Preventif Corona Virus Disease (Covid) 19 yang digelar Satpol PP Jawa Timur kini dilengkapi dengan alat rapid test.

“Kami sudah siapkan rapid test, tapi dari hasil termal gun untuk mengukur suhu badan, belum ditemukan warga yang suhu tubuhnya di atas 37 derajat. Masih normal semua,” kata Kepala Satpol PP Jatim, Budi Santosa, Sabtu (18/4/2020) malam.

Ia menjelaskan, alat rapid test hanya akan digunakan jika terdapat warga yang suhu tubuhnya tinggi atau alami demam. Kendati demikian, ia menegaskan, patroli terus akan dilakukan, khususnya di wilayah Surabaya yang kini jumlah korban Covid 19 yang positif terus bertambah.

Dalam patroli dan eduksi kali ini, Satpol PP Jatim dibantu pihak TNI dan Polri dari Koramil Gayungan serta Polsek Gayungan dan Polsek Jambangan. Lokasi yang disasar yakni kerumunan warga dan lokasi nongkrong seperti warung kopi.

Seperti proses patroli sebelumnya, patroli edukasi tim gabungan dibantu mahasiswa dari PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia, GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia) Surabaya, Banser, Anshor, Bonek (suporter klub persebaya), serta perwakilan buruh itu juga membagikan masker.

Selain itu, dilakukan pula penyemprotan lokasi warung dan pengendara motor sebelum meninggalkan warung setelah dibubarkan.

Ketua GMNI Surabaya, Aldian Dwi Pamungkas menyatakan kegiatan rutin tim gugus tugas covid-19 ini merupakan wujud upaya gotong royong sesama warga bangsa guna menangani penyebaran corona dan berbagai dampaknya.

Selama patroli edukasi berlangsung, para warga yang nongkrong tampak kooperatif saat diberikan sosialisasi dan bubar setelah diberikan pemahaman bahaya virus Corona. Usai patroli, lokasi warung juga ditempel poster imbauan bahaya Covid 19. (Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *