Settia

Pakar: Hanya yang Kebal dari Corona yang Bertahan

EDITOR.ID, Jakarta,- Penyebaran dan penularan virus Corona kian hari kian mengganas “menempeli” dan menggerogoti tubuh manusia. Ribuan warga di tanah air sudah terpapar dan terinfeksi. Dr. Zhong Nan San, Kepala Regu Pembasmi Covid19 di WuHan menyarankan, pandemik ini cepat atau lambat akan menular secara global, dan tidak dapat dihindari.

Zhong menyebut paling penting saat ini adalah meningkatkan daya tahan tubuh, dan memberikan 5 cara untuk meningkatkan anti bodi.

Tidak bisa hanya mengandalkan masker, dan cuci tangan. “Sebaiknya Anda cepat-cepat meningkatkan anti body masing-masing.

Bagaimana caranya membuat anti body dalam waktu singkat?,” ujar Zhong dilansir dari jurnal kesehatan, Sabtu, (29/8/2020).

Inilah saran yang dikatan Zhong tersebut:

  • Setiap hari harus cukup masa tidur minimum 7 jam. Bagi orang-orang yang masa tidur kurang dari 7 jam, akan mengalami penurunan anti body- nya.
  • Diwajibkan makan secara ‘bagus ‘. Bukan maksud makan makanan yg mewah, tetapi maksudnya makan makanan yang ber protein tinggi. Dan ingat jangan makan gula Begitu makan gula, reaksinya adalah menghentikan pembentukan sel darah putih selama 5 jam. Begitulah pentingnya memperbaiki pola makan kita.
  • Covid19 telah membentuk system pola hidupnya. Begitu memasuki musim dingin akan berkembang lebih cepat. Maka diperlukan banyak berjemur matahari untuk membantu process terbentuknya vitamin D dalam darah.
  • Para Ahli Medis juga menemukan bahwa bagi orang yangg rutin mengkonsumsi Vitamin D secara teratur, resiko kena infeksi tenggorokan menurun sekitar 60%. Jika tidak sempat berjemur matahari, boleh makan Vitamin D tablet sesuai dosis yg dianjurkan.
  • Selain itu, begitu pulang dari kantor, segera berkumur boleh dgn apa saja: Air panas, Air Garam hangat, Listerin, Teh hijau, semuanya berkhasiat sama.
  • Dr. Zhing juga menegaskan pihak research dari Jepang, Israel, Finlandia telah menemukan bahwa dengan mandi air panas sekali dalam sehari, hasilnya meningkatkan suhu badan yang dapat mengurangi resiko tertular Covid19.

Para Ahli Medis ini juga memberitahu, kita cukup melakukan 4x mandi air panas dalam seminggu, resiko tertular Covid19 akan menurun sekitar 40%. Cukup Mandi Air Panas dgn suhu 40 derajat Celsius dan selama 5 menit sudah CUKUP.

“Tidak perlu panik, selalu cuci tangan dan berkumur-kumur, pakai masker, hindari kerumunan,” tegas Zhong.

Sebelumnya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Senin (31/8/2020) menyampaikan peringatan terkait pandemi COVID-19.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, negara dengan penyebaran aktif virus corona yang signifikan harus mencegah acara-acara besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *