Settia

Nama Puan Disoraki Huuu..Saat Disebut di Rakernas PAN, Ganjar-Anies Disambut Applaus Meriah

Ketum PAN Zulhas membeberkan 9 nama yang mungkin diusung pihaknya pada Pilpres 2024, salah satunya adalah Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Para kader PAN yang mengikuti Rakernas partai itu di Jakarta.

Jakarta, EDITOR.ID,- Ada pemandangan yang tak biasanya dalam acara Rapat Kerja Nasional Partai Amanat Nasional (Rakernas PAN). Yakni saat Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan membacakan nama-nama kandidat hasil putusan Rakernas III partai yang direkomendasikan menjadi bakal Calon Presiden 2024 usungan partai itu dalam Pilpres 2024 mendatang.

Massa dan kader PAN yang hadir di Rakernas menyoraki huu…saat Ketum PAN Zulhas menyebut nama Ketua DPP PDIP Puan Maharani sebagai salah satu kandidat.

Namun saat Zulhas mengumunkan nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Anies Baswedan yang mungkin juga akan diusung. Langsung disambut applaus dan sambutan meriah dari para kader PAN.

Nama Ketua DPR RI ini disebut Ketum PAN Zulkifli Hasan saat membeberkan tiga klaster calon yang mungkin akan diusung partai itu pada Pilpres mendatang.

Sebagai informasi, dalam pidato penutupan Rakernas, Ketum PAN Zulkfili Hasan membeberkan 9 nama yang mungkin akan diusung parpol itu–yang terbagi ke dalam tiga klaster.

Zulhas menyebut nama-nama itu masih dalam tahap rekomendasi dan belum pasti akan diusung partainya.

Sembilan nama tersebut dibagi dalam tiga klaster yakni Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), teknokrat, dan kepala daerah.

“Semua ketua-ketua partai dalam KIB bisa kita dorong [maju di Pilpres 2024]. Pertama, saya Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, kedua Pak Airlangga [Airlangga Hartarto] dari Partai Golkar. Pak Suharso Monoarfa dari PPP,” tutur Zulhas dalam pidatonya.

Selain tiga nama tersebut, ia mengatakan pihaknya pun dalam rakernas itu mempertimbangkan Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Kemudian, “[Klaster] kedua, unsur teknokrat. Kader-kader PAN dari berbagai daerah melihat sosok Menteri BUMN, Erick Thohir, untuk maju dalam pilpres 2024.”

Sementara itu, dari klaster kepala daerah, beberapa nama populer muncul dan didukung anggota partainya dari berbagai daerah.

“Ketiga, klaster kepala daerah. Ini paling semarak diusulkan dari berbagai daerah. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ada Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa,” kata Zulhas.

“Demikianlah usulan PAN, ada 9 nama yang kami usulkan. Nama-nama yang telah disebutkan tadi,” imbuhnya.

Zulhas menyebut pihaknya belum memutuskan siapa yang akan diusung sebagai Capres dari nama-nama yang direkomendasikan tersebut.

Setelah direkomendasikan dalam Rakernas, nama-nama tersebut nantinya akan disaring kembali untuk nantinya diusung sebagai Calon Pemimpin Nasional yang diusung PAN. (tim)

Leave a Reply