Memburu Dolar Dari Bisnis Konten Berita

Edi Winarto

Praktisi Media Digital / Dosen STIKOM Interstudi

Edi Winarto
Edi Winarto

Jangan pernah meremehkan produk informasi yang kita sebut dengan konten berita. Komodite konten berita atau news content saat ini sedang menjadi tren dalam revolusi digital 4.0 sebagai industri yang sedang menggeliat.

Semenjak dunia media sosial ramai dan meriah oleh rasa penasaran para netizen terhadap informasi yang sangat cepat, menarik dan penuh kreasi. Maka sejalan dan seiring dengan hal tersebut, maka sajian informasi media online atau media digital juga turut meraup jumlah viewer atau klik.

Namun tentu konten berita yang dikemas dengan penuh kreasi, memenuhi hasrat warganet yang merupakan captive market para penikmat berita.

Industri Berita nyatanya masih menjadi peluang dengan keuntungan besar.  Kebutuhan informasi kian meningkat di era digital saat ini. Pengguna internet membutuhkan akses informasi yang aktual dan kredibel.

Google cerdas menangkap peluang ini ketimbang media konvensional di tanah air dalam lima tahun ke belakang. Maka Google menghadirkan layanan Google News.

Dan Google tidak sia-sia menjaring potensi pendapatan dari layanan berita. Google mampu merebut core business media mainstream yang kurang inovatif dalam menghadapi perubahan cepat industri digital.

Hal ini dibuktikan dengan hasil dari riset yang dilakukan oleh News Media Alliance yang mengatakan bahwa Google mendapatkan keuntungan terbesar dari berita pada layanan Google News dan Google Search.

Menurut riset tersebut, Google berhasil meraih pendapatan hingga US$ 4,7 miliar dari berita yang ditayangkan di mesin pencari ini, News Media Alliance mengatakan bahwa pendapatan ini datang dari dominasi Google atas ekosistem berita daring dan pendapatan iklan yang didapatkan dari sistem ini.

Layanan yang cukup populer ini sangat bermanfaat tidak hanya bagi para pembaca tapi juga pemilik website.

Bagi pemilik web yang berbasis layanan informasi atau berita jika ia mampu mendapatkan tempat di Google News adalah sebuah keuntungan. Bayangkan, jumlah kunjungan Google News dalam satu bulan bisa mencapai 494 juta di seluruh dunia. Jadi, jika Anda mampu memanfaatkan platform ini dengan tepat, dampaknya akan sangat positif bagi blog Anda atau media online yang anda kelola.

Anda tentu tidak beranggapan Google News hanya untuk media online yang sudah populer saja, bukan? Tepat sekali. Portal berita biasa juga bisa daftar ke Google News kok. Artinya, konten berita Anda pun bisa menjadi berita utama jika memang menarik dan layak dipublikasikan.

Apa saja manfaatnya? Mari kita kupas satu persatu.

1. Lebih Mudah Masuk ke Halaman Pertama Mesin Pencari

2. Bertambahnya Jumlah Pengunjung

3. Sebagai Media Branding Yang Efektif

4. Berpeluang Mendapatkan Banyak Backlink

5. Tidak Perlu Mengeluarkan Biaya Untuk Iklan

6. Organic Traffic.

Nah sekarang tinggal mengasah kemampuan anda untuk belajar dan belajar terus bagaimana berinovasi dan meng-create konten berita menjadi sangat menarik. Dan konten berita yang anda buat menjadi buruan dan santapan para pemburu berita yang haus akan informasi. Ujungnya berita anda akan viral atau minimal di klik ribuan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: