Settia

Masjid Sheikh Zayed Al Nahyan Solo Hari ini Diresmikan Guru Ngaji Tafsir Qur’an Jokowi Jadi Wakil Imam Besar

Adapun wakil KH Abdul Rozaq sebagai Imam Besar Masjid Sheikh Zayed ini, adalah pengasuh Ponpes Al-Quraniy Azzayadiy, KH Abdul Karim Ahmad Al Hafidz atau akrab dipanggil Gus Karim. Gus Karim juga dikenal sebagai salah satu guru ngaji Jokowi saat belajar tafsir Al-Qur'an dan fiqih.

Solo, Jateng, EDITOR.ID,- Masjid Raya Sheikh Zayed Al Nahyan nan megah di Solo sumbangan Presiden UAE Mohamed bin Zayed, hari ini Senin 14 November 2022, akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi bersama Presiden UEA Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ).

Peresmian akan langsung ditandai dengan Sholat berjamaah yang diikuti Presiden Jokowi dan Pangeran Zayed di Masjid Raya Sheikh Zayed, Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Senin (14/11/2022).

Sementara sehari sebelumnya KH Drs Abdul Rozaq Shofawi, sudah lebih dulu resmi dikukuhkan menjadi Imam Besar masjid hadiah Pangeran Uni Emirat Arab (UEA) untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu. KH Abdul Rozaq merupakan pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Muayyad, Laweyan, Solo.

Sebagai Wakil Imam Besar Masjid Sheikh Zayed KH Abdul Rozaq, ditunjuk KH Abdul Karim Ahmad Al Hafidz atau akrab dipanggil Gus Karim. Gus Karim juga dikenal sebagai salah satu guru ngaji Jokowi saat belajar tafsir Al-Qur’an dan fiqih.

Gus Karim juga adalah pengasuh Ponpes Al-Quraniy Azzayadiy yang punya ribuan santri.

Pelantikan Imam Besar dan pengurus Masjid Sheikh Zayed sudah dilakukan langsung oleh Kementerian Agama (Kemenag) digelar di Hotel Swissbell Solo, Minggu (13/11/2022)

“Imam besar itu sekaligus ketua pengurus harian, itu imam besar. Kemudian dibantu oleh Wakil yaitu KH Abdul Karim tadi. Jadi ada satu wakil Abdul Karim dan Imam besar ada Abdul Rozaq,” kata Kepala Bagian Perencanaan Keuangan Hukum dan Kerjasama Masjid Raya Sheikh Zayed Al Nahyan, Bagus Sigit disela-sela pengukuhan pengurus Masjid.

Bagus menyebut Abdul Rozaq merupakan pengasuh Ponpes Al-Muayyad Mangkuyudan. “KH Abdul Karim merupakan Pengasuh Pesantren Az-Zayadiyy, Laweyan, Solo,” katanya kepada wartawan seusai pengukuhan.

Pengurus Masjid Raya Sheikh Zayed Dikukuhkan

Pengukuhan Imam Besar dan pengurus Masjid Raya Sheikh Zayed dilakukan di Swiss-Belhotel, Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Minggu (13/11/2022) sore. Dalam acara pelantikan, selain KH Abdul Rozaq, juga dilantik Wakil Imam Besar Gus Karim dan 20 pengurus Masjid Sheikh Zayed Al Nahyan.

Bagus menjelaskan ada sekitar 20 orang yang tergabung dalam kepengurusan Masjid Raya Sheikh Zayed. “Ada sekitar 20 pengurus di Masjid Raya Sheikh Zayed Al Nahyan,” terang dia.

Bagus menerangkan pengurus Masjid Sheikh Zayed Al Nahyan Solo terdiri dari berbagai unsur mulai dari organisasi masyarakat, kementerian maupun tokoh masyarakat. Hal ini sesuai visi misi masjid sebagai pelopor moderasi beragama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *