Settia

Kontroversi Amien Sebut Allah Akan Lengserkan Jokowi

EDITOR.ID, Jakarta,- Pentolan Alumni Aksi 212 Amien Rais makin sentimen dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Entah kenapa. Ketua Dewan Penasehat Persatuan Alumni 212 ini yakin Jokowi akan dilengserkan Allah dari posisi Presiden RI.

Menanggapi pernyataan Amien yang membawa-bawa nama Tuhan Allah SWT, Ketua MUI Bidang Informasi dan Komunikasi, Masduki Baidlowi, menilai hal itu tak tepat. Sebab, tidak ada yang tahu kuasa (kodrat) dan kehendak (iradat) Allah.

“Tidak boleh mendahului takdir. Tidak boleh. Kalaupun Pak Amien maunya begitu, belum tentu maunya malaikat dan Allah akan begitu,” ujar Masduki saat dihubungi, Rabu (30/5/2018).

“Pak Amien kan hamba seperti kita. Jadi maunya Pak Amien itu maunya hamba Allah, belum tentu sama dengan kodrat-iradat Allah, dan belum tentu sama juga dengan malaikat yang pesuruh Allah. Jangan mendahului kodrat-iradat Allah,” sambungnya.

Saat memberi sambutan, Amien mengatakan yakin Jokowi akan dilengserkan Allah. Amien mengatakan malaikat akan membantu proses tersebut.

Terkait hal itu, Masduki mengatakan, dalam politik praktis, tak semestinya nama Allah dibawa-bawa. Sebab, hal itu tak pantas.

“Yang namanya politik praktis itu kurang bagus bawa-bawa nama Allah. Politik praktis itu kan seperti yang saya bilang, ada prosedural, substansial, dan etika. Jadi semuanya rasional,” ucap dia.

Prosedural yang dimaksudnya ialah masa kampanye dan pemilihan presiden yang sebenarnya belum dibolehkan oleh KPU. Ungkapan Amien Rais dirasa tak tepat karena belum masuk masa tersebut.

Kedua, soal substansi politik, Masduki mengatakan kritik Amien yang merupakan oposisi pemerintah adalah hal yang wajar dalam sistem demokrasi. Kritik mesti disampaikan untuk menagih janji agar terealisasi dan sebagai bagian dari koreksi.

Dan soal etika politik, Masduki mengatakan ada cara mengkritik yang mensyaratkan saling menghormati (fatsun). Menurutnya, menjaga etika penting untuk membangun demokrasi yang lebih baik.

“Boleh Pak Amien tak suka, itu hak orang, ada yang suka atau tidak suka. Tapi nggak bisa diomongin seperti itu. Jadi etikanya kurang pas di bulan puasa,” ujar Masduki.

Sebelumnya diberitakan, Amien mengungkapkan pernyataan Jokowi akan dilengserkan Allah sebagai pemimpin. Amien melihat Jokowi sering keliru dan blunder.

Hal itu diumbar Amien kepada peserta Rakornas PA 212 yang bertemakan ‘Menyatukan Arah Perjuangan Umat Islam dalam Suksesi Kepemimpinan Nasional’. Dalam Rakornas ini, PA 212 mengeluarkan 12 resolusi dan juga daftar nama capres-cawapres.

Saat memberi sambutan, Amien menunjuk foto Jokowi yang terpasang di dinding. Menurut Amien, Jokowi akan dilengserkan Allah karena banyak melakukan kesalahan. Dia yakin hal itu akan terjadi dan malaikat akan membantu mewujudkan.

“Kita melihat secara jelas, kita perhatikan pemimpin yang akan dilengserkan Allah itu biasanya langkahnya dari salah ke keliru, dari keliru ke blunder, salah lagi dan seterusnya,” kata Amien dalam sambutannya sambil menunjuk foto Jokowi yang ada di dinding aula, dalam Rakornas PA 212 di Aula Sarbini, Taman Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (29/5/2018) kemarin. (tim)

Leave a Reply