Settia

Jelang 27 Juni Ridwan Kamil Melejit

EDITOR.ID, Jakarta,- Calon Gubernur Ridwan Kamil masih menjadi satu sosok pemimpin muda yang dicintai rakyat Jawa Barat. Terbukti survei teranyar yang digelar Poltracking terkait Pilkada Jawa Barat menunjukkan hasil temuan mengejutkan.

Elektabilitas pasangan calon Ridwan Kamil – Uu Ruzhanul Ulum terus melejit naik sangat signifikan, mencapai 12,9 poin. Tidak sia-sia prestasi yang telah ditorehkan Ridwan Kamil ketika membangun Kota Bandung dengan gaya mirip Jokowi.

RK banyak membangun dan menyedikan fasilitas infrastruktur yang nyaman bagi warga Kota Bandung. Prestasi itulah yang menyebabkan publik tak terpengaruh kampanye kandidat lain dan tetap istiqomah mendukung RK.

Hal itu terungkap dari paparan Direktur Eksekutif Poltracking Hanta Yuda saat merilis hasil survei lembaganya di Hotel Sari Pan Pasific, Jakarta, Sabtu (23/6/2018).

“Dalam simulasi empat pasangan Gubernur dan Calon Wakil Gubernur menggunakan kertas suara, elektabilitas Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (42.0%) unggul dari pasangan Deddy Mizwar – Dedi Mulyadi (35.8%),” ungkap Hanta.

Di bawahnya menyusul pasangan Sudrajat – Ahmad Syaikhu (10.8%), dan Tubagus Hasanuddin – Anton Charliyan (5.5%), dengan undecided voters (6.0%).

Adapun trend elektabilitas kandidat dalam dua periode terakhir survei menggunakan kertas suara menunjukan pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum naik 12,9 poin. Sedangkan pasangan Deddy Mizwar – Dedi Mulyadi (naik 8.3 poin).

Saat responden diberikan pertanyaan spontan terbuka, elektabilitas para kandidat bersaing cukup ketat. Terutama Ridwan Kamil – Uu Ruzhanul Ulum (17.8%) yang unggul tipis dari pasangan Deddy Mizwar – Dedi Mulyadi (17.6%).

Menyusul dengan jarak cukup jauh di bawahnya Sudrajat – Ahmad Syaikhu (8.7%), dan Tubagus Hasanuddin – Anton Charliyan (3.2%) dengan undecided voters (42.5%).

Hanya menjelaskan survei ini menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah sampel dalam survei ini adalah 800 responden dengan margin of error +/- 3.5 % pada tingkat kepercayaan 95%. (tim)

Leave a Reply