Settia

Jejak Rekam Sosok Sang Jenderal Penyidik KM 50 Kini Tuntaskan Kasus Sambo

Selama kariernya, Brigjen Pol Andi Rian pernah memimpin kasus besar yang menjadi perhatian publik yaitu kasus bentrok antara Front Pembela Islam (FPI) dengan Polri yang terjadi pada 7 Desember 2020 lalu.

Lalu bundaran Jalan Karawang Internasional hingga Gerbang Tol Karawang Barat arah Cikampek ke Rest Area KM 50 sebagai TKP kedua dan ketiga.

Hanya saja saat di TKP ketiga, Andi mengatakan mobil laskar FPI itu diamankan dan didalamnya teradap empat orang dalam kondisi hidup.

Sedangkan dua orang lain dalam kondisi luka saat terlibat baku tembak dengan polisi.

“Ternyata di TKP 3 begitu dibuka ditemukan bahwa 2 dari pelaku sudah dalam kondisi luka. Kegiatan atau adegan di TKP 3 itu 4 tersangka atau pelaku yang masih hidup itu diamankan ke dalam mobil dengan tujuan dibawa penyidik untuk dibawa ke Polda Metro Jaya,” jelasnya.

Kemudian, empat orang tersangka memberikan perlawanan saat berada di tol Jakarta-Cikampek selepas rest area KM 50 hingga KM 51+200 sebagai TKP empat. Akibatnya, keempatnya pun ditembak oleh penyidik.

Brigjen Andi Rian juga pernah memimpin Kasus Pembunuhan Berencana Hakim Jamaluddin dan berhasil membongkar nama-nama pembunuhnya.

Pernah Bertugas Satu Kantor dengan Irjen Pol Ferdy Sambo

Yang menarik dari sosok Brigjen Pol Andi Rian Djajadi ternyata ia pernah bertugas satu kantor dengan Irjen Pol Ferdy Sambo, yakni saat sama-sama bertugas di Bareskrim. Bahkan ia mengemban jabatan yang pernah diduduki Ferdy Sambo.

Soal Andi Rian pernah bertugas di satu atap yang sama dengan Irjen Pol Ferdy Sambo, bermula ketika pada 17 November 2020, Kapolri saat itu yaitu Jenderal Idham Azis melakukan rotasi ratusan perwira menengah dan tinggi Polri.

Salah satu jabatan yang dirotasi oleh Jenderal Idham Azis adalah posisi Dirtipidum Bareskrim Polri. Jabatan tersebut pun sempat diemban oleh Ferdy Sambo yang saat ini menjadi saksi yang diperiksa oleh Brigjen Andi Rian.

Kemudian, Brigjen Pol Andi Rian pun menggantikan Ferdy Sambo menduduki posisi tersebut di mana sebelumnya menjabat sebagai Karokorwas PPNS Bareskrim Polri.

Sementara, Ferdy Sambo berpindah dan menjabat sebagai Kadiv Propam Polri.

Adapun informasi mutasi tersebut tertuan di dalam surat Telegram rahasia nomor ST/3233/XI/KEP/2020 yang ditandatangani oleh As SDM Kapolri Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan tertanggal 16 November 2020.

Perjalanan Karir Brigjen Pol Andi Rian Djajadi

Mengenyam pendidikan di SMA 1 Kota Makassar membuat Brigjen Andi Rian sangat ingin berkarir menjadi seorang polisi.

Akhirnya Brigjen Andi Rian Djajadi mewujudkan impiannya menjadi seorang polisi dan lulus dari Akademi Kepolisian pada tahun 1991.

Sebelum menjabat sebagai Diritpidum Bareskrim Polri, Brigjen Andi sempat menjabat sebagai Kasat Res Narkoba Poltabes Medan, Kapolres Tebing Tinggi, hingga Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut.

Leave a Reply