Settia

Iriana Dihina

“Manusia tak bermoral,” tulis @BHD*** dalam akun Twitternya.

Jakarta, EDITOR.ID,- Ibu Negara Iriana Joko Widodo diduga dihina oleh salah satu pengguna Twitter pada Kamis, 17 November 2022. Pemilik akun Twitter @KoprofilJati mengunggah foto Ibu Iriana bersama istri Presiden Korea Selatan, Madam Kim Keon Hee, yang bertemu saat puncak acara G20 di Bali beberapa waktu yang lalu.

Pemilik akun tersebut menuliskan keterangan foto yang dianggap merendahkan dan menghina Ibu Iriana. ”Bi, tolong buatkan tamu kita minum ya,’ ‘Baik, Nyonya’,” cuitnya di unggahan yang telah dihapus itu.

Postingan Hina Ibu Iriana Dikecam Netizen

Sontak saja cuitan tersebut mengundang amarah para netizen termasuk kedua putra Presiden Joko Widodo yaitu Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep. Mereka merasa akun tersebut telah melakukan penghinaan terhadap Ibu Negara.

“Manusia tak bermoral,” tulis @BHD*** dalam akun Twitternya.

“Keterlaluan! Apa orang ini @KoprofilJati tidak punya ibu? Atau mungkin dilahirkan dari pohon. Sungguh tidak punya adab menghina ibu negara sebagai PRT. PRT saja tidak layak untuk dihina apalagi seorang ibu negara. Dasar otak kotor!,” @LSasa** ikut ngetweet.

Akibatnya, akun twitter pelaku penghina Ibu Negara sempat di nonaktifkan sementara.

Tidak lama kemudian, akun @pn7*** membuat thread dengan menampilkan wajah pelaku yang telah menghina Iriana Jokowi.

“Hallo @KoprofilJati ini komuk lu??? Gw tunggu permintaan maaf lu ke Ibu Iriana ya. Ga mau gw kalo hanya lewat tulisan, gw mau lewat video dan lu share di semua sosmed lu serta di sematkan di akun sosmed lu semua. Jangan sampai @CCICPolri yg dtg kerumah lu ya,” tulisnya dalam akun tweetnya.

Setelah ditelusuri jejak rekam digitalnya, pelaku penghina Ibu Negara, ternyata memiliki nama asli Karisma Jati, seorang pekerja seni.

Cuitan sosok Kharisma Jati di Twitter ini sempat ramai diperbincangkan. Sempat membuat geram karena cuitannya dianggap menghina Iriana Jokowi.

Usai Viral dan Kontroversi Pemilik Akun Hapus Postingannya

Karena cuitannya itu viral, sang pemilik akun menulis pembelaan dengan menyatakan orang-orang telah salah paham pada unggahan gambarnya itu.

“Sorry, gaes. Postingan dengan gambar ibu negara saya hapus. Kayaknya banyak yang salah paham menganggap saya merendahkan orang di gambar tersebut,”

“Menjadi ibu negara enggak ada hubungannya dengan tampilan fisik. Semua orang tahu itu fakta. Semua ras dan suku bangsa itu setara,”

“Justru kebiasaan masyarakat kita yang suka menilai sesuatu dari tampilan fisik. Itu sepatutnya jadi bahan ejekan,” tulis @KoprofilJati.

Pemilik akun tersebut segera menghapus unggahannya dan memberikan pernyataan maaf atas unggahannya yang disebutnya menyebabkan salah paham.

Leave a Reply