Settia

El Real Juara

Selebrasi pemain Real Madrid usai menjuarai Liga Champions 2017/208. (AFP)

EDITOR.ID, Kiev,- Real Madrid akhirnya menasbihkan dirinya sebagai klub terkuat di Eropa setelah merengkuh Trofi Liga Champions. Sejarah juga mencatat El Real mencetak hattrick juara tiga kali berturut-turut.

Trofi Juara Piala Champions ini diraih setelah Ronaldo dkk menumbangkan Liverpool 3-1 di final yang digelar di NSC Olimpiyskiy Stadium, Kiev, Minggu (27/5) pagi WIB. Pemain dari bangku cadangan Gareth Bale menjadi pahlawan kemenangan Madrid.

Pemain asal Wales ini baru diturunkan pelatih pada menit ke-61. Namun ia tak menyia-nyiakan kepercayaan pelatih. Bale mencetak dua gol dan langsung memupus harapan Liverpool.

Sebelumnya Madrid sempat unggul terlebih dahulu melalui gol Karim Benzema di menit 51. Namun keunggulan itu hanya bertahan empat menit setelah striker Liverpool Sadio Mane mencetak gol penyeimbang. Madrid kembali unggul setelah Bale yang masuk di menit 61 hanya butuh waktu tiga menit untuk mencetak gol indah. Gol kedua Bale tercipta di menit 83.

Ini menjadi trofi Liga Champions ketiga kalinya secara beruntun yang diraih Madrid atau total yang ke-13 kalinya.

Pengalaman Madrid di pentas tertinggal klub Eropa ini memang berbicara. Final musim ini adalah final keempat Madrid dalam lima musim terakhir dan juara pada edisi 2013/14, 2015/16 dan 2016/17.

Jalannya Pertandingan

Liverpool yang unggul sedikit dalam penguasaan bola tampil apik. Meski kedua tim bergantian menyerang, tetapi tidak banyak terjadi peluang gol. Kedua tim tampil solid di lini belakang.

Liverpool harus kehilangan pemain andalannya, Mohamed Salah yang harus ditarik keluar di menit 30. Cedera bahu yang dialaminya usai berjibaku dengan bek Sergio Ramos memaksanya harus meninggalkan lapangan. Adam Lallana dimainkan menggantikan Salah.

Madrid juga kehilangan Adam Carvajal yang mengalami cedera di menit 39 dan digantikan Nacho.

Kedua tim sama-sama memiliki satu tendangan ke arah gawang. Pertama di menit 15 tendangan keras Cristiano Ronaldo yang melakukan tusukan dari sisi kanan masih melambung jauh di atas mistar gawang.

Sedangkan peluang Liverpool terjadi di menit 23 ketika sepakan keras Arnold dari area kotak penalti masih bisa ditangkap kiper Keylor Navas.

Menit 42, Karim Benzema mampu mengoyak gawang Liverpool. Sayang, gol tersebut dianulir lantaran Ronaldo yang melakukan sundulan sebelumnya sudah berada pada posisi offside.

Di babak kedua, Madrid langsung mengambil inisiatif serangan. Menit 48 sepakan Isco masih membentur tiang gawang kanan Liverpool. Madrid unggul setelah Karim Benzema mencetak gol di menit 51 memanfaatkan keteledoran kiper Karius saat melepaskan bola. Dia yang bermaksud mengumpan kepada rekannya diadang oleh Benzema. Bola memantul dan masuk.

Namun keunggulan Madrid hanya bertahan empat menit. Liverpool berhasil menyamakan skor lewat gol Sadio Mane meneruskan sundulan Dejan Lovren dari tendangan sudut. Skor imbang 1-1 membuat pertandingan semakin sengit.

Menit 62 Pelatih Zinedine Zidane memainkan Gareth Bale menggantikan Isco. Keputusan itu tepat karena dua menit berselang Bale kembali membawa Madrid unggul lewat gol salto. Liverpool yang belum menyerah memiliki peluang ketika sepakan Mane masih membentur tiang gawang di menit 71.

Real Madrid’s Welsh forward Gareth Bale celebrates after scoring his team’s second goal during the UEFA Champions League final football match between Liverpool and Real Madrid at the Olympic Stadium in Kiev, Ukraine, on May 26, 2018. / AFP PHOTO / FRANCK FIFE

Dan, Madrid memastikan kemenangan lewat gol kedua Bale. Tendangan jauh kaki kiri Bale gagal ditangkap sempurna oleh kiper Karius di menit 83. Skor 3-1 untuk Madrid bertahan sampai laga berakhir.

Susunan Pemain
Real Madrid: Navas, Carvajal, Ramos, Varane, Marcelo, Casemiro, Modric, Kroos, Isco, Ronaldo, Benzema
Cadangan: Casilla, Nacho, Bale, Theo, Vasquez, Asensio, Kovacic

Liverpool: Karius, Alexander-Arnold, Lovren, Van Dijk, Robertson, Henderson, Milner, Wijnaldum, Salah, Mane, Firmino
Cadangan: Mignolet, Clyne, Klavan, Moreno, Lallana, Can, Solanke

Leave a Reply