Settia

Raksasa Inggris Vs Spanyol Bertemu, Siapa Terkuat?

EDITOR.ID, Kyiv,- Jutaan pasang mata fans bola menunggu laga akbar Liga Champions yang akan digelar Sabtu (26/5/2018) atau Minggu dini hari WIB. Pertarungan partai puncak ini diramalkan akan berlangsung ketat dan panas. Kedua Tim membawa ambisi dan gengsi masing-masing.

Real Madrid berambisi menyabet gelar juara untuk ketiga kalinya secara beruntun. Sementara Liverpool haus akan Trophy paling membanggakan klub di benua biru tersebut. Sehingga Liverpool tentu tak akan dengan mudah membiarkan klub Spanyol itu. Pasukan Juergen Klopp siap mengadang Los Blancos membawa pulang trofi Liga Champions untuk ke-13 kalinya.

Real Madrid memang memiliki pengalaman tampil di final setelah menjadi juara dua tahun beruntun. Namun Liverpool juga tetap memiliki potensi menggagalkan pesta klub Spanyol itu.

Di kubu Madrid, Zinedine Zidane bisa memakai seluruh pemainnya karena tak satu pun yang mengalami cedera atau mendapat hukuman karena akumulasi kartu. Real Madrid hanya memetik hasil imbang 2-2 melawan Villarreal dalam laga terakhir mereka di ajang La Liga musim ini meski mereka menurunkan formasi yang cukup kuat di starting XI.

Luca Zidane tampil sebagai kiper dan Gareth Bale bermain di lini depan sejak menit pertama dalam laga tersebut. Namun di final melawan Liverpool, sang pelatih bakal menurunkan Keylor Navas dan Karim Benzema menggantikan keduanya.

Zidane sepertinya tak akan membuat kejutan dalam susunan pemain yang diturunkan sejak kick-off dalam upannya membawa Los Blancos menyabet gelar juara Liga Champions untuk ketiga kalinya secara beruntun.

Mengusung formasi 4-3-1-2, Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema akan menjadi duet di barisan depan. Keduanya bakal ditopang Isco serta Casemiro, Toni Kroos, Luka Modric.

Navas akan kembali menempati posisi sebagai kiper utama setelah diistirahatkan ketika melawan Villarreal. Empat pemain belakang, yakni duet bek tengah Raphael Varane dan Sergio Ramos, serta bek sayap Dani Carvajal dan Marcelo, akan mengawal penjaga gawang asal Kosta Rika itu.

Meski diunggulkan karena menjadi juara dua musim beruntun, Zidane mengaku sangat mewaspadai kekuatan Liverpool. “Ini mungkin akan menjadi final paling berat yang pernah kami mainkan. Kami harus tampil dalam kondisi terbaik. Kami tahu partai ini tak cuma mengandalkan fisik,” papar pelatih yang sukses mengantar Los Blancos menjuarai Liga Champions pada musim pertamanya ini.

“Mereka tim Inggris jadi mereka tak akan pernah menyerah. Namun mereka juga tak hanya mengandalkan kekuatan fisik. Liverpool tim yang bagus secara teknis, dengan banyak pemain yang cepat dan memiliki kemampuan indivisu yang hebat,” papar pelatih asal Prancis ini.

Di kubu Liverpool, Jurgen Klopp tak bisa menampilkan trio Joel Matip, Alex Oxlade-Chamberlain, dan Joe Gomez untuk final Champions League ini. Ketiganya harus absen akibat cedera.

Emre Can dan James Milner kembali berlatih setelah sempat mengalami benturan dan bisa diturunkan dalam laga di Stadion Olimpiyskiy ini. Milner tampaknya akan diturunkan sejak awal menempati formasi trio lini tengah bersama Giorginio Wijnaldum dan kapten Jordan Henderson.

Adam Lallana bisa menjadi opsi Klopp untuk lini tengah. Dia tampil selama 16 menit saat melawan Brighton and Hove Albion di partai terakhir Premier League. Ini penampilan pertamanya membela The Reds setelah tampil sebentar ketika melawan Crystal Palace akhir Maret lalu.

Seperti halnya Zidane, pilihan Klopp untuk mengisi 11 pemain awal sangat mudah diprediksi. Trio Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane pasti bakal menjadi andalan di lini depan.

Loris Karius akan tetap menjadi pilihan pertama di bawah mistar. Penjaga gawang asal Jerman ini bakal dikawal Virgil van Dijk dan Dejan Lovren sebagai duet di jantung pertahanan. Keduanya akan didampingi Trent Alexander-Arnold di bagian kanan pertahanan serta Andrew Robertson di sisi kiri.

“Sejak awal kami memiliki kesepakatan. Saya bertanggung jawab jika kalah dan para pemain bertanggung jawab jika kami menang. Jadi mereka tak memiliki beban,” kata Klopp.

“Pengalaman sangat penting dan saya yakin Madrid bakal lebih percaya diri dibanding kami. Namun tak masalah karena pertandingan tidak berhenti di sini. Ini hanya awal,” papar pelatih asal Jerman ini.

“Mereka belum pernah melawan kami dan kami adalah Liverpool, tak cuma sekadar tim bagus namun kami memiliki DNA untuk meraih sukses,” kata Klopp lagi.

Real Madrid berupaya mewujudkan ambisi menjuarai Liga Champions untuk ketiga kalinya secara beruntun setelah dalam dua musim sebelumnya menundukkan Atletico Madrid dan Juventus di final.

Laga ini juga merupakan ulangan final kejuaraan yang sama tahun 1981 di Paris. Ketika itu Madrid menyerah 0-1. Itulah terakhir kali Real Madrid kalah di final kejuaraan level Eropa. Setelah itu dalam enam kesempatan tampil di laga pamungkas, Los Blancos selalu berhasil meraih kemenangan dan menjadi juara. Kini mereka tengah mengejar gelar juara Piala Champions/Liga Champions untuk ke-13 kalinya.

Namun demikian, menjelang tampil di final kali ini performa Madrid jauh dari meyakinkan. Mereka hanya menang sekali dalam lima laga terakhir menjelang laga di Kyiv ini. Meski demikian, Madrid tetaplah Madrid yang selalu punya kekuatan berbeda jika tampil di Eropa.

Sepanjang musim ini, Los Merengues sukses meraih enam kemenangan di luar Stadion Santiago Bernabeu, kandang mereka.

Liverpool akan menghadapi Real Madrid untuk keenam kalinya sepanjang sejarah kejuaraan ini. Mereka sukses meraih tiga kemenangan dalam lima pertemuan terakhir. Namun Real Madrid selalu sukses memetik kemenangan dalam dua laga terakhir keduanya di Liga Champions. Itu terjadi pada penyisihan grup musim 2014/15.

Performa Liverpool menjelang partai final ini juga tak begitu bagus. The Reds hanya menang sekali dalam lima pertandingan terakhir mereka menjelang tampil di Kiev. Tim ini juga mudah kebobolan dan hanya mencatat dua clean sheet dalam enam partai terakhir.

Jika melihat aliran serangan kedua tim namun dengan kekuatan pertahanan yang berbeda, peluang terjadinya banyak gol sangat tinggi. Pengalaman Madrid tampil di final kemungkinan akan menjadi penentu dalam pertandingan ini.

Satu hal yang paling menarik dalam pertandingan ini adalah adu tajam antara bintang Madrid Ronaldo serta Salah, andalan Liverpool. Ronaldo masih bertengger di puncak daftar pencetak gol terbanyak Liga Champions musim ini dengan 15 gol, sementara Salah 10, sama dengan rekan setimnya Roberto Firmino.

Perkiraan Susunan Pemain

Real Madrid (4-4-2):
K: Keylor Navas
T: Dani Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, Marcelo
T: Casemiro, Toni Kroos, Luka Modris, Isco
D: Cristiano Ronaldo, Karim Benzema
Pelatih: Zinedine Zidane

Liverpool (4-3-3):
K: Loris Karius
B: Trent Alexander-Arnold, Virgil van Dijk, Dejan Lovren, Andrew Robertson
T: Giorginio Wijnaldum, Jordan Henderson, James Milner,
D: Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane
Pelatih: Juergen Klopp

Enam Pertandingan Terakhir Real Madrid
28/04/18 LaLiga Real Madrid 2-1 Leganes
02/05/18 Liga Champions Real Madrid 2-2 Bayern Muenchen
07/05/18 La Liga Barcelona 2-2 Real Madrid
10/05/18 LaLiga Sevilla 3-2 Real Madrid
13/05/18 LaLiga Real Madrid 6-0 Celta Vigo
20/05/18 La Liga Villarreal 2-2 Real Madrid

Enam Pertandingan Terakhir Real Madrid
21/04/18 Premier League West Bromwich Albion 2-2 Liverpool
25/04/18 Liga Champions Liverpool 5-2 Roma
28/04/18 Premier League Liverpool 0-0 Stoke City
03/05/18 Liga Champions Roma 4-2 Liverpool
06/05/18 Premier League Chelsea 1-0 Liverpool
13/05/18 Premier League Liverpool 4-0 Brighton & Hove Albion

Head to Head
04/11/14 Liga Champions Real Madrid 1-0 Liverpool
22/10/14 Liga Champions Liverpool 0-3 Real Madrid
10/03/09 Liga Champions Liverpool 4-0 Real Madrid
25/02/09 Liga Champions Real Madrid 0-1 Liverpool
27-05-1981 Piala Champions Liverpool 1-0 Real Madrid

Wasit: Milorad Mazic (Serbia)
Stadion: Stadion NSK Olimpiyskiy, Kyiv

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *