Settia

Baru PSI dan Nasdem yang Daftarkan Bacalegnya di KPU Yogya

EDITOR.ID, Yogyakarta,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak akan memperpanjang Pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg). Hari ini, Selasa (17/7/2018) batas akhir dan akan ditutup pada pukul 00.00 WIB. Namun hingga Senin (16/7), baru Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Nasdem yang menyerahkan berkas pendaftaran kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY.

Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan mengungkapkan, baru dua Parpol yakni Nasdem dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang mendaftarkan Calegnya, sedang Parpol lainnya, yakni PDI-P, PKS Demokrat dan PAN menyatakan baru akan mendaftar pada hari terakhir yakni Selasa (17/7/2018).

“Sampai pukul 16.00 Senin, baru ada dua parpol, PSI dan Nasdem. Tetapi sudah ada empat parpol yang konfirmasi kehadiran, PKS, Demokrat, PDIP, dan PAN. Saya kira, semua akan menumpuk pada hari terakhir, yang jelas kita tunggu sampai jam 12 malam, dan tidak akan ada penambahan hari pendaftaran,” katanya.

Namun jika Parpol melakukan registrasi di atas pukul 24.00, maka dianggap tidak mendaftar.

Menurut Hamdan, sebaiknya Parpol mendaftar atau meregistrasi dulu, meski belum melengkapi semua persyaratan. “Kalau syarat bakal calon nanti bisa disusulkan,” tambahnya.

Dikatakan, dokumen yang wajib dibawa adalah model B, B1, B2,dan B3. Ketiga dokumen tersebut wajib dibawa karena langsung diverifikasi. Sementara syarat lain bisa disusulkan saat masa perbaikan pada 22 hingga 31 Juli 2018.

Terpisah, Ketua DPD PDI Perjuangan DIY Bambang Praswanto mengungkapkan, PDI Perjuangan DIY akan mendaftarkan calon legislatif DPRD DIY pada hari terakhir yakni Selasa (17/7/2018) pukul 10.00 WIB dengan melibatkan rakyat dalam sebuah pawai budaya.

Berangkat dari kesadaran kebudayaan Indonesia yang dalam, PDI Perjuangan DIY akan mendaftarkan Calon Legislatif DPRD DIY ke KPU, dengan bersama-sama kekuatan kebudayaan.

Terpisah, kondisi yang sama juga terjadi di KPU Kabupaten Sleman. Baru dua Parpol yang mendaftar yakni Nasdem dan PSI.

Devisi Teknis KPU Kabupaten Sleman, Haryanto mengungkapkan, beberapa partai yang memang belum meng-entry data.

“Yang daftar baru dari Nasdem dan PSI. Tadi kesini sekitar pukul 13.30 WIB dan baru selesai hampir pukul 16.00 WIB. Datangnya hampir bersamaan, selisih daftarnya sebentar tadi. Nasdem dulu baru PSI,” terangnya, Senin siang.

Untuk total Caleg yang didaftarkan dari partai Nasdem sebanyak 50 caleg atau terpenuhi 100 persen. Sedangkan dari PSI, hanya 22 caleg, atau hanya dari dapil 1-5.

“Keterwakilan caleg perempuan diatasi 30 persen semua,” terangnya.

Sejauh ini, para Caleg sudah semuanya melakukan pendaftaran secara online, namun beberapa yang belum selesai meng-upload data.

“Yang daftar secara online sudah semua, tapi juga ada yang belum selesai. Hanya ada beberapa partai yang belum terpenuhi syarat-syarat di Silon,” katanya.

Dia mengaku sejak jauh hari pihaknya sudah mengimbau agar para Parpol segera untuk melakukan pendaftaran, namun tetap saja, masih ada yang belum selesai melengkapi syarat pendaftaran.

Jika semua Parpol peserta Pemilu 2019 mendaftar, maka diprediksi, akan ada 800 Caleg untuk Kabupaten Sleman.

“Jika masing-masing dari 16 partai yang ada mendaftarkan 100 persen ya berarti 800 an. Misalnya daerah pilihan 1 (dapil 1) ada 7 kursi, ya setiap partai mendaftarkan 7 nama calon . Tapi kalau kurang pun juga boleh,” terangnya. (tim)

Leave a Reply