Settia

Asri Hadi: Darurat, Narkoba Nyusup ke Serbuk Minuman

Terbongkar, Peredaran Narkoba Berkedok Kemasan Minuman Saset

EDITOR.ID, Jakarta,- Aktivis anti Narkoba, Asri Hadi menyerukan kepada masyarakat agar lebih mewaspadai penyusupan narkoba dengan berbagai cara. Terakhir terbongkar narkoba dikemas dalam saset minuman serbuk.

“Sekarang korbannya warga Jakarta, bisa jadi mungkin tetangga anda, bisa jadi besok keluarga anda,” ujar aktivis Ormas Anti Narkoba BERSAMA ini dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (19/3/2019)

Asri Hadi

Oleh karena itu untuk mencegah keluarga kita terpengaruh bahaya Narkoba, Asri Hadi menyarankan dengan mencegah sejak dini. “Caranya? Ya kita harus bekerjasama dengan pemerintah, komunitas agama dan masyarakat, masalah ini tidak bisa kita selesaikan sendiri,” paparnya.

Asri Hadi juga mengapresiasi keberhasilan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara membongkar jaringan narkoba yang menggunakan sarana kemasan saset minuman serbuk untuk menyebarkan narkoba ke masyarakat.

“Saya apresiasi keberhasilan BNN yang terus bekerja menindak tegas setiap jaringan mafia narkoba yang belakangan ini makin massif menyusup ke masyarakat,” kata dosen Sekolah Gabungan TNI ini

Dalam kasus ini polisi membekuk sepasang kekasih berinisial T dan B yang diketahui sebagai pasangan pengedar dan pengguna narkoba.

Kepala BNNK Jakarta Utara AKBP Yuanita Amelia Sari menyatakan, keduanya mengedarkan narkoba yang dikemas dalam bungkus minuman saset bernama Nutrisari Premium Ala Jus Mangga.

Seakan-akan kemasan itu merupakan varian dari Nutrisari, salah satu jenis minuman sari buah produksi PT Nutrifood yang dijual bebas di pasaran.

“Kalau dilihat perbandingan Nutrisari asli dan Nutrisari yang kami dapatkan, secara kemasan ini hampir sama. Tetapi, setelah kami buka ada perbedaan warna,” kata Yuanita dalam konferensi pers, Kamis (14/3/2019).

Ada perbedaan antara Nutrisari asli dengan “Nutrisari” palsu berisi campuran Narkoba. Serbuk Nutrisari yang asli berwarna oranye terang. Sedangkan serbuk narkoba yang dibungkus dalam kemasan Nutrisari palsu itu berwarna oranye kemerah-merahan.

“Barang bukti ini mengandung metamphetamine dan benzoate dengan efek yang ditimbulkan seperti mengonsumsi inex/ekstasi. Barang bukti ini sering disebut dengan nama happy water,” ujar Yuanita.

Jenis narkoba tersebut diproduksi di Malaysia.

Demikian juga dengan kemasannya yang dibuat semirip mungkin dengan kemasan asli, lengkap dengan nomor registrasi BPOM dan detil lainnya.

Yuanita mengatakan, bentuk kemasan itu dibuat layaknya kemasan aslinya guna mengecoh petugas bandara. Narkoba itu diselundupkan dari Malaysia lewat jalur udara.

Leave a Reply