Settia

Aduh.. BNPB Sebut Ada Pejabat Daerah Lambat Distribusikan APD Corona

EDITOR.ID – Jakarta, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo mengungkapkan beberapa pejabat daerah lambat memproses pendistribusian alat pelindung diri (APD) dalam penanganan virus corona (Covid-19). Pengiriman dilakukan dari Jakarta menggunakan pesawat TNI.

Menurut Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 ini, beberapa pejabat daerah itu membiarkan dan tidak mendistribusikan APD yang telah dikirimkan dari Jakarta, hingga berhari-hari.

“Pendistribusian APD, kalau tidak dibantu TNI, TNI tidak pinjamkan pesawatnya, mungkin kita akan kewalahan antar APD sampai ke rumah sakit. Itu pun setelah tiba di tempat dibiarkan saja oleh beberapa pejabat di daerah,” kata Doni dalam Rapat Kerja dengan Komisi VIII DPR RI yang berlangsung secara virtual, sebagaimana dilansir CNN Senin (6/4/2020). Namun dia tidak menyebut daerah mana saja yang yang membiarkan APD sehingga memperlambat pendistribusian.

Dia melanjutkan, peristiwa itu diketahui pihaknya setelah mendapatkan informasi di penditsribusian APD di salah satu daerah belum dilakukan lantaran belum mendapatkan petunjuk.

Padahal, menurut Doni, pengiriman APD dari Jakarta ke daerah tersebut sudah dilakukan empat hari sebelumnya.

Ia pun meminta pimpinan dan anggota Komisi VIII DPR ikut melakukan pengawasan terhadap pejabat daerah terkait proses pendistribusian APD ini.

Menurutnya, pimpinan daerah seharusnya langsung menyalurkan APD yang telah dikirimkan pihaknya ke tengah masyarakat.

“Mohon berkenan ikut terlibat dan mengawal agar APD sampai di tangan para dokter,” kata Doni. (Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *