SMAN 1 Cisarua Juara Dalam Event Business Plan Competition Universitas Widyatama

EDITOR.ID, Bandung – Startup (memulai beroganisasi/usaha bisnis) kini terus digaungkan kepada generasi Milenial di tanah air, sebagai upaya melahirkan banyak wirausaha muda.

Hal itu untuk mendukung Indonesia menjadi negara yang lebih maju dengan banyaknya wirausaha muda yang lahir, sebagai penopang pembangunan.

Perlu diketahui untuk menjadi sebuah negara maju, memerlukan minimal dua persen wirausaha dari jumlah penduduk yang ada.

Dari catatan yang diperoleh majalahsora.com, tahun 2013 lalu wirausaha di Indonesia baru mencapai 1,63 persen.

Untuk mendukung lahirnya wirausaha muda di tanah air, Program Studi Manajemen D3 Universitas Widyatama menyelenggarakan ajang Business Plan Competition tingkat SMA/SMK se-Bandung Raya.

Annisa Lisdayanti, S.E.,M.M., selaku Kaprodi Manajemen D3 Universitas Widyatama, mengatakan tujuan diadakannya kegiatan tersebut, menjadi wadah pembentukan karakter bagi generasi muda.

Khususnya pelajar SMA, SMK dan sederajat, agar mampu bersaing dalam sebuah kompetisi.

Di samping itu untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam menciptakan sebuah gagasan bisnis.

Terlebih dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin memudahkan masyarakat dalam segala hal.

“Creativity and Innovation of Young Generation in The Digital Era”, dipilih menjadi tema ajang itu. Diharapkan para peserta Business Plan Competition ini, mampu menciptakan sebuah konsep bisnis yang berorientasi pada pengembangan produk.

Terutama produk yang dapat digunakan dalam era yang serba digital ini.

Ajangnya sendiri didukung oleh Pemerintah Kota Bandung (memberikan Trophy Wali Kota Bandung) serta beasiswa dari Universitas Widyatama bagi pemenang termasuk uang pembinaan jutaan rupiah.

Sedangkan untuk penjuriannya, dinilai langsung oleh Program Studi Manajemen D3, dibantu oleh para ahli di bidang bisnis, seperti  Kadin Kota Bandung, Dispora Kota Bandung, Hipmi Jabar, serta perwakilan Dosen Kewirausahaan yang aktif dalam berbagai kegiatan perlombaan dan pelatihan kewirausahaan.

Lebih lanjut dengan adanya penyelenggaraan kegiatan Business Plan Competition ini, diharapkan menjadi sebuah motivasi bagi generasi muda dalam membangun diri, menjadi pengusaha muda di masa yang akan datang.

Pada ajang itu ada delapan tim (satu tim diisi dua-tiga orang) yang lolos ke babak semifinal dan final dan SMAN 1 Cisarua Kabupaten Bandung Barat, berhasil menyabet juara pertama dengan produk nature pot.

Sedangkan juara kedua diraih oleh SMAN 10 Kota Bandung, dengan produk print-print lagi; serta juara ketiga diraih oleh SMAN 12 Kota Bandung dengan produk cemilan 10 (makanan ringan terbuat dari sayuran).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: