180 Universitas dan Sekolah Tinggi Ikuti Ajang Wican Widyatama

EDITOR.ID, Bandung – Universitas Widyatama bekerja sama dengan LLDIKTI wilayah IV Jabar Banten, menggelar kegiatan WICAN atau Widyatama Internasional Akademik Competition and Exhibition.

Merupakan suatu ajang inovasi sekaligus eksebisi bagi para mahasiswa, khususnya yang berada di perguruan tinggi di LLDIKTI wilayah IV Jabar dan Banten ditambah dari  DKI Jakarta dan lain-lain.

Ajangnya sendiri dibuka oleh Prof. H. Uman Suherman, Kepala LLDIKTI Wilayah IV.

Ajang ini melombakan berbagai kompetisi seperti design exhibition, news anchor contest, English speech contest, smart movie contest, story telling contest, start up proposal contest, industrial engineering essay contest, transportation engineering contest, water resource research contest, accounting paper challenge, English essay writing competition, management smart competition, business plan competition, Cadcam competition, programming contest, marketing plan competition, instrumentation and control contest dan it exhibition.

Diikuti oleh 180 an peserta dari sekitar 50 perguruan tinggi yang ada di Jabar dan Banten, termasuk DKI Jakarta.

Prof. H. Uman mengatakan sangat bangga dengan kegiatan yang diinisiasi oleh Universitas Widyatama bekerjasama dengan LLDIKTI Wilayah IV, karena dapat menjadi ajang untuk berkompetisi bagi mahasiswa dalam berinovasi dan kreasi.

“Saya bangga dengan mahasiswa bisa menjawab tantangan  zaman yang ada di masyarakat. Ini sebuah solusi, semuanya untuk menghadapi persoalan-persoalan yang ada di masyarakat, itu yang pertama. Berikutnya  saya bangga dengan pameran ini karena bagaimanapun kalau kemampuan kita tidak dilihat orang, maka kita tidak mendapat penghargaan. Maksudnya karya kita dilihat itu merupakan  bentuk aktualisasi diri, apabila kita berkiprah di tengah masyarakat,” kata Prof Uman, rabu (11/12).

Lebih lanjut menurutnya target ke depan bukan hanya menyangkut inovasi, tetapi menyangkut inkubator-inkubator itu akan membuat interface, terutama dalam pembiayaan kampus.

Sehingga mahasiswa tidak lagi menjadi yang dominan tapi hanya bagian kecil yang berkontribusi bagi bangsa ini.

Sedangkan operasional dibangun dengan pembiayaan yang dihasilkan dari inkubator-inkubator ini.

Ia pun mengatakan bahwa kampus yang berada di bawah naungan LLDIKTI Wilayah IV sudah banyak yang bekerjasama dengan Dunia Usaha dan Industri (DUDI) di samping itu melakukan MoU dengan Kadin Jabar Banten.

Kegiatan tersebut pun merupakan kerjasama pertama Widyatama dan LLDIKTI Wilayah IV dalam mengadakan lomba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: