Settia

TGB Zainul Majdi Tinggalkan Demokrat

EDITOR.ID, Jakarta,- Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) M Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) resmi mengundurkan diri dari Partai Demokrat (PD). Anggota Majelis Tinggi PD itu memutuskan meninggalkan partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut karena lebih memihak untuk menjadi pendukung Presiden Joko Widodo.

“Benar,” ujar TGB saat dimintai konfirmasi, Senin (23/7/2018).

TGB mengaku telah menyerahkan surat pengunduran diri kepada Ketua Dewan Kehormatan PD Amir Syamsuddin.“Sudah mundur,” katanya.

Dalam surat itu pula TGB menjelaskan alasan pengunduran dirinya dari PD. “Karena alasan pribadi,” katanya.

“Alasan pribadi,” ujarnya singkat.

TGB telah secara terbuka mendukung Presiden Joko Widodo dua periode. Sementara itu, PD belum menyampaikan sikap resmi terkait Pilpres 2019.

Amir sendiri mengonfirmasi bahwa TGB mengirim surat kepada dirinya. Namun, ia tidak mengetahui apa isi surat tersebut.

“Jadi memang ada surat Pak TGB yang dititipkan ke saya. Tapi saya tidak baca isinya. Saya bilang juga ke dia (TGB) saya tidak akan baca isinya. Saya langsung serahkan ke DPP,” ujar Amir.

Saat ditanya mengapa Amir tidak membaca surat TGB terlebih dahulu sebelum meneruskannya ke DPP Demokrat, ia menjawab, “surat itu bukan ditujukan kepada saya.”

Terpisah, Wakil Sekretaris Jenderal PD Rachland Nashidik‎ menyampaikan ucapan terima kasih kepada TGB yang selama ini telah ikut membesarkan partai pemenang Pemilu 2009 tersebut. Terlebih, TGB pernah memimpin DPD PD NTB.

Rachlan pun mengharapkan TGB yang saat ini tidak berpartai tetap sukses. “Kami mendoakan status beliau sekarang, yakni sebagai ulama non-partai, akan memberi beliau jalan ke arah karier politik yang lebih baik untuk dipilih sebagai salah satu cawapres Pak Jokowi,” kata Rachlan.

Demokrat juga tidak mempermasalahkan pengunduran diri TGB tersebut. Bahkan, Rachlan mengatakan figur-figur terbaik di PD pantas meramaikan kancah politik nasional.

“Partai Demokrat meyakini figur sebaik beliau pantas mendapat kesempatan berkarir pada tingkat nasional,” ucapnya. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *