Settia

Tercatat Sejarah: Tukang Becak Bersandal Jepit Masuk Istana dan Salami Presiden

Sejumlah Tukang Becak untuk pertama kalinya masuk ke dalam Istana Presiden (Sumber Foto Warta Kota/ Alex Subhan)

EDITOR.ID, Bogor,- Presiden Joko Widodo selama ini dikenal sebagai pemimpin yang merakyat. Ia dekat dengan rakyat kecil tanpa sekat dan jarak. Bahkan beberapa kali Jokowi sering berbaur dengan warga masyarakat bawah di kampung-kampung meski ia menjabat sebagai orang nomor satu di Indonesia.

Tanpa sikap feodalisme, Jokowi menyatu dengan warga baik itu ibu-ibu rumah tangga, tukang ojek, tukang becak hingga pekerja kasar. Demikian juga ketika Presiden Jokowi menggelar Open House di Hari Lebaran pertama. Ia mengundang semua kalangan mulai dari Menteri, Pejabat Negara hingga tukang becak untuk hadir di Istana Kepresidenan di Bogor, Jawa Barat.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah republik ini berdiri seorang tukang becak bisa ikut merasakan suasana istana. Si Tukang becak bisa masuk ke ruang istana Presiden yang sakral dan mewah.

Sejumlah tukang becak yang beroperasi di Bogor, Jawa Barat itu datang ke istana menjadi tamu khusus. Diundang secara khusus Presiden agar bisa merasakan kebahagiaan merayakan Lebaran di Istana Presiden.

Para tukang becak ini antre ingin berjabat tangan dan bersilaturahim dengan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana di Istana Presiden Bogor pada Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, Jumat (15/6/2018).

Setidaknya, ada 10 penarik becak yang hadir di acara halal bihalal Idul Fitri yang digelar di Ruang Teratai.

Para penarik becak ini tampil apa adanya dengan mengenakan kaus, celana panjang dan sandal jepit.

Bahkan ada penarik becak yang mengenakan celana pendek, topi caping dengan handuk kumal terkalung di leher.

Suwito (57), salah seorang penarik becak, mengaku, tidak menyangka diperbolehkan masuk ke Istana dengan penampilan seadanya.

Sejumlah Tukang Becak Akan Memasuki Istana Presiden (Sumber Foto: Tribunnews.com)

“Tadi dikasih tahu sama Paspampres, katanya kita boleh masuk. Ya sudah kita masuk, Terima kasih Bapak Presiden,” ujar pria yang sehari-hari mangkal di dekat Stasiun Paledang itu.

Ending (67) juga demikian. Rencana awalnya, seusai menunaikan shalat Id, dia langsung menarik becak. Ending mengaku tahu bahwa Presiden Jokowi akan menggelar open house.

Namun tak menyangka dia bisa masuk ke dalam Istana. Dia pun bersyukur bisa berjabat tangan langsung dengan Jokowi. “Saya mau doakan (Presiden) biar selamat. Dan saya doakan Pak Jokowi tetap diberikan kesehatan, beliau benar-benar Presiden yang tidak melupakan rakyat. Itu saja,” ujar dia.

Halal bihalal itu sendiri rencananya akan berakhir pada pukul 11.00 WIB.

Semenjak dimulai sekitar pukul 08.30 WIB, sekitar 2.000 masyarakat memenuhi Istana Bogor untuk bersilaturahim dengan Presiden dan Ibu Negara. (tim)

Leave a Reply