Settia

Malam ini Gerhana Bulan Total Rasulullah Anjurkan Sholat Khusuf, Begini Caranya

Sesungguhnya fenomena gerhana bulan adalah sebagian daripada tanda-tanda kebesaran dan kekuasaan Allah SWT di dalam penciptaan alam yang perlu disadari dan dijadikan iktibar dalam kehidupan umat Islam.

Jakarta, EDITOR.ID,- Gerhana bulan total atau khusuful qamar kembali terjadi mulai petang nanti, Selasa (8/11/2022). Fenomena kebesaran Allah tersebut bisa disaksikan hampir seluruh daerah di Indonesia. Ini merupakan terakhir di tahun 2022.

Ada perbedaan antara Gerhana Bulan biasa dengan Gerhana Bulan Total (GBT). Gerhana Bulan merupakan kondisi terhalanginya Bulan dari sinar Matahari akibat terhalang oleh posisi Bumi.Fenomena ini merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi tiga benda langit ini.

Sementara, Gerhana Bulan Total (GBT) terjadi ketika Matahari, Bumi, dan Bulan berada tepat di satu garis yang sama. Walhasil, seluruh bayangan Bumi (umbra) jatuh menutupi Bulan.

Sesungguhnya fenomena gerhana bulan adalah sebagian daripada tanda-tanda kebesaran dan kekuasaan Allah SWT di dalam penciptaan alam yang perlu disadari dan dijadikan iktibar dalam kehidupan umat Islam.

Berikut amalan yang dianjurkan Nabi Muhammad saat terjadi gerhana bulan total atau khusuful qamar:

1. Salat Gerhana

Ada sejumlah hadis yang meriwayatkan anjuran Nabi Muhammad agar umat muslim melaksanakan salat sunah saat terjadi gerhana, di antaranya HR Bukhari no. 1041 dan HR Muslim no. 911.

“…Jika kalian melihat gerhana tersebut (matahari atau bulan), maka bersegeralah untuk melaksanakan salat.”

Berikut tata cara salat gerhana seperti dilansir Kementerian Agama (Kemenag) melalui akun resminya di Instagram:

  • Berniat di dalam hati. Takbiratul ihram, yaitu melakukan takbir sebagaimana salat biasa.
  • Membaca doa iftitah dan berta’awudz. Membaca surat Al-Fatihah dan membaca surat yang panjang dengan suara, seperti surat Al-Baqarah.
  • “Nabi Muhammad Saw menjaharkan (mengeraskan) bacaannya ketika salat gerhana” (Hr Bukhari no. 1065 dan HR Muslim no. 901).
  • Kemudian ruku sambil memanjangkannya. Kemudian bangkit dari ruku (i’tidal) sambil mengucapkan sami’allauhu liman hamidah, robbana wa lakal hamd’
  • Selanjutnya ruku kembali (ruku kedua) yang panjangnya lebih pendek dari ruku sebelumnya
  • Kemudian bangkit dari ruku (i’tidal) dan sujud yang panjangnya sebagaimana ruku lalu duduk di antara dua sujud, kemudian sujud kembali
  • Kemudian bangkit dari sujud lalu mengerjakan rakaat kedua sebagaimana rakaat pertama hanya saja bacaan dan gerakan-gerakannya lebih singkat dari sebelumnya hingga salam
  • Setelah itu, imam menyampaikan khotbah kepada jemaah yang berisi anjuran berzikir, berdoa, beristigfar, dan bersedekah

2. Perbanyak berdoa

Amalan lain selain salat gerhana yang dianjurkan Nabi Muhammad adalah memperbanyak doa.

Leave a Reply