Settia

Kini Giliran Presiden Sambangi Rakyatnya

Presiden Joko Widodo saat bersilaturahmi dengan warga di Solo, Minggu 17 Juni 2018. ( Foto: Biro Setpres )

EDITOR.ID, Solo,- Jika kemarin Presiden Joko Widodo (Jokowi) didatangi para pejabat negara, menteri dan pemimpin politik di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Mereka menemui Presiden agar bisa berjabat tangan. Namun kini Presiden Jokowi yang justru balik “menghadap” rakyatnya.

Presiden blusukan ke perkampungan warga kota Solo.

Momentum unik tersebut dilakukan Jokowi saat Presiden juga pulang kampung alias mudik layaknya warga Jakarta yang pulang ke kampung halamannya. Dua hari setelah Idulfitri 1439 Hijriah atau tepatnya Minggu, 17 Juni 2018, Jokowi memanfaatkan liburan untuk bersilaturahmi dengan warga masyarakat kampung halamannya.

Presiden menyapa warga Bangunharjo, Kelurahan Gandekan, Kota Solo. Presiden yang mengenakan kemeja putih dan celana hitam tiba sekitar pukul 12.45 WIB.

Kedatangan Presiden disambut masyarakat dengan hangat. Banyak warga yang ingin bersalaman dan mengabadikan momen dengan Kepala Negara.

Presiden pun dengan senang hati menyalami warga yang begitu antusias. Selain itu, Presiden juga menyempatkan berbincang dan berinteraksi dengan beberapa warga.

Tampak seorang ibu yang memperlihatkan fotonya bersama Jokowi ketika masih menjabat sebagai Wali Kota Surakarta. Selain itu, Presiden juga sempat berbincang dengan satu warga yang memiliki usaha sablon kaos dan meminta menandatangani sebuah bingkai bergambar Jokowi.

Selesai berkeliling menyapa warga, Presiden kemudian melanjutkan perjalanan ke kantor Wali Kota Surakarta. Presiden ingin bernostalgia mengenang semasa menjabat sebagai Walikota Solo. Jokowi ingin melihat kembali ruang kerjanya dan pegawainya.

Presiden tiba di kantor yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman No. 2 pada pukul 13.10 WIB.

Presiden disambut Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo. Di sini Presiden meninjau dan melihat-lihat bangunan yang dulu menjadi kantornya. Bagian halaman kantor ini tampak mengalami renovasi, yaitu kini tidak berpagar. Setelah meninjau Kantor Wali Kota Surakarta, Presiden kemudian kembali ke kediamannya.

Malam harinya, Minggu 17 Juni 2018, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo telah kembali ke Jakarta. (tim)

Leave a Reply