Kerjasama Fakultas Psikologi UMB Dengan IDKI Pada Pra Penelitian Mengenai Prestasi Kerja

  • Bagikan
kerjasama fakultas psikologi umb dengan idki pada pra penelitian mengenai prestasi kerja 2
kerjasama fakultas psikologi umb dengan idki pada pra penelitian mengenai prestasi kerja 2

EDITOR.ID – Jakarta, Penelitian merupakan suatu proses kegiatan penyelidikan yang dilakukan secara aktif, tekun, dan sistematis, dimana bertujuan untuk menemukan, menginterpretasikan, dan merevisi fakta-fakta.

Ditengah situasi pandemi yang mengalami perubahan sangat drastis, berdampak pada pola kebiasaan serta alur yang selama ini telah berjalan dalam kehidupan organisasi. pola kebiasaan serta alur yang berubah secara instan akan berdampak juga pada tingkat produktivitas pada organisasi maupun perorangan yang akan memengaruhi kepada pencapaian target yang telah ditentukan baik secara individu maupun tim/kelompok.

Tak terkecuali pada Perhimpunan Dokter Kesehatan Kerja Indonesia (IDKI). Melihat peran yang di jalankan oleh IDKI, tidaklah mudah dalam menyikapi adanya pandemi yang memasuki Indonesia.

Sebagai organisasi yang memiliki peran penting dalam menghadapi pandemi, IDKI memiliki tugas yang penting dan genting dalam menanggulangi wabah ini.

Perubahan kehidupan dalam berorganisasi sedikit banyak mengalami perubahan. Oleh karena itu, Tim peneliti Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana (UMB) berkolaborasi dengan IDKI ingin mengetahui perubahan pencapaian yang dapat dirumuskan dalam prestasi kerja selama masa pandemi COVID-19 melalui penelitian yang akan berlangsung.

Penelitian ini di direncanakan dengan tujuan untuk mengetahui prestasi kerja para dokter kesehatan kerja yang dipengaruhi oleh beberapa variabel, yaitu stres kerja, kebahagiaan otentik, dan authentic personal branding selama masa pandemi di IDKI.

Sebelumnya, telah diadakan pertemuan dan diskusi antara tim peneliti Fakultas Psikologi UMB dan IDKI untuk membicarakan alur dalam penelitian ini.

Penelitian ini diharapkan dapat berjalan dengan baik sehingga memperoleh hasil yang baik. Tanggal 14 Oktober lalu, menjadi pertemuan kedua antara tim peneliti dan beberapa anggota IDKI dalam agenda melakukan diskusi kelompok terpumpundengan 8 anggota IDKI dan juga mengambil data pra penelitian yang dihadiri oleh 6 orang anggota IDKI, dipimpin oleh Dr. Eddy, MS(OH) sebagai Ketua Umum dan 4 orang tim peneliti Fakultas Psikologi UMB, diketuai oleh Dr. Antonius Dieben Robinson Manurung, M.Si., yang dilakukan melalui Zoom Virtual.

Agenda dalam pengambilan data pra penelitian ini dilakukan dengan mengisi survei, kuesioner pra penelitian, dan diskusi kelompok terpumpun/FGD. Diskusi serta pengambilan data pra penelitian berlangsung dengan lancar dan baik dengan alur yang tersusun. Tim peneliti dan Anggota IDKI melakukan kerja sama yang memperlancar jalannya penelitian ini.

Rumusan Pertanyaan dalam diskusi kelompok terpumpun telah ditetapkan sebelum kegiatan pada hari kamis ini berlangsung. Pertanyaan di buat berdasarkan lima indikator yang sebelumnya telah dikonsultasikan dan ditetapkan oleh tim peneliti Fakultas Psikologi UMB.

Adapun kelima indikator penting mengenai prestasi kerja para dokter kesehatan kerja indonesia di IDKI, yaitu: event tahunan, pelayanan kesehatan kerja, kolaborasi lintas ilmu, aktivitas pengabdian masyarakat serta penelitian dan pembuatan SOP.

Hasil dari diskusi kelompok terpumpun yang telah dilakukan, membuktikan bahwa organisasi IDKI dengan baik menerapkan dan menjalankan kelima indikator prestasi kerja. Hal ini dapat terlihat dari rutinias kegiatan yang dilakukan, kontribusi serta dukungan para anggota IDKI dalam kegiatan yang telah dilaksanakan.

Hal tersebut tercermin dari kegiatan yang telah dilakukan IDKI pada masa pandemi. IDKI melakukan upaya yang tertuang dalam program-program yang telah dilaksanakan.

Dalam aktivitas pengabdian masyarakat IDKI berkontribusi dalam kegiatan pembuatan dan penyebaran flyer mengenai COVID-19 yang bertujuan mengedukasi kepada awam yang dilakukan melalui social media seperti Facebook ataupun Whatsapp.

Selain itu, kepada perusahaan yang tidak memiliki dokter kesehatan kerja di dalamnya, IDKI menawarkan bantuan dengan menyediakan 21 relawan dokter yang dapat membantu dalam layanan konsultasi gratis kepada perusahaan.

Pada pembuatan SOP, IDKI melakukan pembuatan SOP baik tingkat perusahaan maupun nasional. SOP ini menjadi acuan dan juga pedoman yang dipakai di berbagai perusahaan.

Agenda penelitian ini akan berlanjut dan berlangsung dalam beberapa bulan kedepan. Hubungan kerja sama yang sinergi yang baik ini menjadi awal yang baik dalam membangun kolaborasi lintas disiplin ilmu, khususnya antara Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana dan Perhimpunan Dokter Kesehatan Kerja Indonesia (IDKI).

Settia
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan