Kemanakah Ruh Akan Berada Usai Dicabut Malaikat Izrail?

Ilustrasi Ruh Kermatian

Maka keluarlah darinya bau minyak kesturi yang paling harum di muka bumi ini. Mereka membawanya naik (ke langit). Maka tidak sekali-kali mereka melewati sejumlah malaikat, melainkan malaikat-malaikat itu bertanya, ‘Siapakah pemilik roh yang wangi ini?’

Para malaikat yang membawanya menjawab, ‘Fulan bin Fulan,’ dengan menyebutkan nama terbaiknya yang menjadi sebutan namanya ketika di dunia. Hingga sampailah mereka ke langit pertama, lalu mereka mengetuk pintunya dan dibukakanlah pintu langit untuknya.

Maka ikut mengiringinya semua malaikat yang menghuni langit pertama itu sampai ke langit berikutnya, hingga sampailah ia ke langit yang ketujuh. Maka Allah berfirman, ‘Catatlah bagi hamba-Ku ini catatan orang-orang yang masuk surga Illiyyin.

Setelah melewati perjalanan dari langit, ruh kemudian dikembalikan ke bumi dan dimasukkan kembali ke dalam jasadnya. Karena sesungguhnya Allah menciptakan mereka dari tanah, maka dikembalikan mereka ke tanah, dan Allah akan hidupkan mereka dari tanah kali yang lain.’

Sebagaimana disebutkan dalam Al Quran, Surat Thaha ayat 55:

مِنْهَا خَلَقْنَاكُمْ وَفِيهَا نُعِيدُكُمْ وَمِنْهَا نُخْرِجُكُمْ تَارَةً أُخْرَى

Artinya: Dari bumi (tanah) itulah Kami menjadikan kalian dan kepadanya Kami akan mengembalikan kalian dan darinya Kami akan mengeluarkan kalian pada saat yang lain. (QS. Thaha: 55)

Setelah ruhnya dikembalikan ke jasadnya, datanglah dua malaikat kepadanya, lalu kedua malaikat itu mendudukkannya dan bertanya kepadanya, ‘Siapakah Tuhanmu?’ Ia menjawab, ‘Tuhanku Allah.’

Keduanya bertanya, ‘Apakah agamamu?’ Ia menjawab, ‘Agamaku Islam.’ Keduanya bertanya, ‘Siapakah lelaki ini yang diutus kepada kalian?’ Ia menjawab, ‘Dia adalah utusan Allah.’

Keduanya bertanya, ‘Apakah ilmumu?’ Ia menjawab, ‘Saya telah membaca Kitabullah, maka saya beriman kepadanya dan membenarkannya.’ Maka berserulah suara dari langit yang mengatakan, ‘Benarlah apa yang dikatakan hamba-Ku.

Maka berkatalah sebagian dari mereka kepada sebagian yang lain, “Telah kami katakan kepada kalian, janganlah kalian bertanya kepadanya.” (HR Imam Bukhari dan Muslim).

Maka hamparkanlah untuknya hamparan dari surga, berilah ia pakaian dari surga, dan bukakanlah untuknya sebuah pintu yang menuju surga.’ Maka kenikmatan dan wewangian surgawi datang kepadanya, dan diluaskanlah kuburnya sejauh mata memandang baginya. Lalu datanglah kepadanya seorang lelaki yang berwajah tampan, berpakaian indah, dan baunya sangat wangi.

Kemana Ruh Manusia Setelah Dicabut Dari Tubuh Menurut Islam Dari penjelasan ayat di atas, menegaskan bahwa hanya Allah sajalah yang mengetahui ruh dan hal itu termasuk sesuatu yang sengaja hanya diketahui oleh-Nya, tidak untuk manusia. Manusia hanya diberikan sedikit pengetahuan mengenai ruh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: