Kaderisasi Kepemimpinan Dasar Generasi Muda Cintai Pancasila

  • Bagikan
inspirasi generasi muda untuk mencintai pancasila dalam kaderisasi kepemimpinan dasar i gerakan pembumian pancasila
inspirasi generasi muda untuk mencintai pancasila dalam kaderisasi kepemimpinan dasar i gerakan pembumian pancasila

EDITOR.ID – Jakarta, Gerakan Pembumian Pancasila (GPP) sebagai organisasi yang independent telah menyelenggarakan kegiatan “Kaderisasi Kepemimpinan Dasar I (KKD I) – Angkatan 1 untuk mencari kader muda bangsa yang diharapkan mampu menanamkan nilai-nilai Pancasila bagi generasi muda Indonesia dengan tema khusus “Proses Jatuh Cinta Pada Pancasila” melalui daring aplikasi Zoom pada Minggu (8/10/2021).

Materi Kaderisasi Kepemimpinan Dasar I (KKD I) meliputi : Ideologi, Organisasi dan Program Kerja yang disampaikan oleh 8 (delapan)narasumber dari berbagai latar belakang Pendidikan dan profesi untuk memberikan pencerahan mengenai Pancasila kepada para peserta yang semuanya adalah mahasiswa, untuk semakin lebih mencintai Pancasila sebagai dasar negara, ideologi, dan spiritualitas bangsa Indonesia.

Acara dimulai dengan pembacaan tata tertib, dan kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan Pancasila, doa pembuka, dan sambutan pembukaan oleh dinamisator Apt.MargarethIndriana, S.Si.

Sambutan pembuka disampaikanoleh ketua Tim Kerja KKD I, Dr.Gunawan Djayaputra, S.H., S.S., M.H.,yang yang intinya meminta kepada para peserta untuk bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan yang sangat bermanfaat sebagai kader muda pemimpin bangsa, agar mereka mengetahui, mengerti, dan memahami betapa pentingnya Pancasila untuk menangkal segala bentuk tindakan atau penindasan yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.

Acara dilanjutkan oleh dua keynote speaker, yaitu Ketua Dewan Pakar DPP GPP, Dr. Drs., Chandra Setiawan, MM., Ph.D, dan Ketua Umum DPP GPP, Dr.Antonius D.R. Manurung, M.Si., dihadapan 230 peserta dari wilayah Jabodetabek.

Dr. Drs. Chandra Setiawan, M.M., Ph.D., selakukeynote speaker pertama memberikan apresiasi luar biasa kepada para peserta.

“Diharapkan para peserta menggunakan kesempatan yang sangat baik ini untuk belajar lebih banyak tentang pembangunan karakter Pancasila”, ujar Dr. Chandra.

Sementara, Dr. Antonius D.R. Manurung, M.Si,,selakukeynote speaker 2 dan sekaligus membuka secara resmi acara KKD I, angkatan-1 menekankan pentingnya memahami proses jatuh cinta pada Pancasila yang harus dimulai sejak usia muda.

‘Para generasi muda, seyogyanya dapat memahami Pancasila agar dapat mengurangi sikap egosentris, dan sebaliknya dapat membuka mata hati terhadap kehidupan masyarakat Indonesia yang belum mengalami kemerdekaan sejati”, imbuh Dr. Anton, Ketum DPP GPP.

Acara berikutnya, peserta masuk ke breakout room yang dibagi menjadi lima ruangan dan materi diisi secara bergantian oleh para narasumber yakni, Dr.Antonius D.R. Manurung, M.Si, Dr.Bondan Kanumoyoso, M.Hum., Dr.Erdy Techrisna Satyadi, MARS., MKK., Dr.dr.Yosephin Sri Sutanti, MS., SpOk ., Ir.Hartri Sirait, M.TI., M.Si., M.Pk., Dr.Gunawan Djayaputra, S.H., S.S., M.H., Supriyadi, S.Kom., M.M., Joko Nugroho, S.Pd., serta dibantu oleh dinamisator acara KKD I ini.

Secara paralel, di masing-masing ruangan, materi KKD I yang bermuatan ideologi, organisasi dan program kerja dipaparkan oleh para narasumber.

Selain mendengarkan, para peserta juga diajak untuk aktif dalam berbagai permainan, kuis, dan sesi tanya jawab, dibantu oleh dinamisator untuk semakin memahami materi yang disampaikan.

Dinamisator pada lima breakout roomadalah: Apoteker Margareth Indriana,S.Si dan Baptista Veranius Mudiranto(room 1), Dwi Arisudana dan YusakGunadi (room 2,) Regina JBF Astuti dan Delpedro (room 3), Viriya Paramita dan Khanti Paramita (room 4), Nicholas Rachmanata dan Angelo Basario (room 5)

Setelah semua materi dipaparkan, seluruh peserta kembali ke ruang utama untuk mengikuti acara penyampaian apresiasi dan penutupan.

Dalam sesi penutup, dua peserta diminta memberikan pesan dan kesan atas keseluruhan rangkaian acara KKD I.

Wakil pertama dari peserta, Cancolio Frederick Sidauruk menyampaikan bahwa KKD I ini sangat bermanfaat bagi generasi muda agar memiliki kecintaan yang mendalam pada Indonesia dan Pancasila.

Acara KKD I telah membantu para peserta dalam proses jatuh cinta pada Pancasila, ujarConcolio.

Sementara, Selvy Kurniah, wakil peserta kedua mengungkapkan“acara kaderisasi ini membuat peserta menyadari betapa luhurnya Pancasila sebagai dasar negara, ideologi, dan spiritualitas bangsa

“Generasi muda harus bisa berjuang secara terus-menerus membumikan nilai-nilai Pancasila, imbuh Selvy.

Acara kaderisasi kepemimpinan yang diadakan oleh GPP tidak berhenti sampai di sini karena masih ada tindak lanjut dalam bentuk misi roket. Selain itu, rangkaian KKD I, angkatan berikutnya bagi generasi muda yang lain akan berlangsung selama 4 minggu berturut-turut kedepan, sekaligus dalam rangka merayakan Hari Sumpah Pemuda ke-93 (28 Oktober 1928 – 28 Oktober 2021).

Harapannya, para peserta KKD I yang dinyatakan lulus dapat mengikuti Kaderisasi Kepemimpinan Dasar II yang direncanakan berlangsung 17 November 2021 (VP).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan