Settia

Jangan Gunakan Sentimen SARA Untuk Cari Dukungan #2019Ganti Presiden

Para pengurus dan aktivis Forum Tionghoa Nusantara (FTN) menyampaikan pernyataan sikap menanggapi pernyataan sikap Forum Aspirasi Rakyat yang mengatasnamakan #2019GantiPresiden. FTN menolak klaim Forum Aspirasi Rakyat mengatasnamakan etnis Tionghoa dukung #2019GantiPresiden. (Sumber Foto: Dok FTN)

Liputan : Mistqola

EDITOR.ID, Jakarta,- Forum Tionghoa Nusantara menyerukan kepada kelompok gerakan #2019GantiPresiden agar jangan menggunakan sentimen suku dan agama (SARA) untuk membuat persepsi dan opini bahwa gerakan mereka seolah didukung etnis tertentu.

Pernyataan sikap ini disampaikan Forum Tionghoa Nusantara menanggapi beredarnya pernyataan sikap Forum Aspirasi Rakyat yang mendeklarasikan dukungan terhadap gerakan #2019GantiPresiden.

Menurut Forum Tionghoa Nusantara, Pertama, tidak ada satu pun tokoh atau organisasi yang bisa mengklaim dan mengatasnamakan seluruh masyarakat Tionghoa atas suatu pandangan dan sikap politik.

“Menyangkut pendapat politik dari masyarakat Tionghoa yang ada di Indonesia biarlah menjadi hak pribadi masing-masing. Masyarakat Tionghoa memiliki Sikap dan Pendapat Politik yang tidak sama,” demikian keterangan resmi yang disampaikan ke redaksi Editor.id, Minggu (27/5/2018).

Kedua, menurut forum ini kekecewaan segilintir orang janganlah dijadikan dasar untuk membangun opini yang mengatasnamakan suku tertentu.

“Sangat tak elok dan berpotensi untuk merusak keharmonisan antar suku bahkan di dalam Suku Tionghoa sendiri,” demikian bunyi seruan Forum tersebut.

Yang ketiga, lanjut mereka, keberagaman pandangan dan pendapat harus dikelola menjadi suatu upaya dalam membangun bangsa Indonesia lebih konstruktif dan berkelanjutan.

“Berdasarkan hal tersebut kami dari Forum Tionghoa Nusantara meminta agar masyarakat Indonesia secara umum dan masyarakat Tionghoa secara khusus tidak terpengaruh atas pernyataan Forum Aspirasi Rakyat,” sebutnya.

“Mari kita bersama bersatu dalam keberagaman pendapat dan pandangan politik. Salurkan melalui hak pilih yang dijamin oleh Undang-undang. Mari pilih pemimpin yang kita percaya dapat memberi dampak perubahan baik dan berkelanjutan bagi bangsa Indonesia yang kita cintai,” pungkas pernyataan sikap Forum Tionghoa Nusantara. (**)

Leave a Reply