Settia

Ini Penilaian Shin Tae Yong ke Rafael Struick dan Zico Soree, Akankah Jadi Penyerang Andalan Timnas?

Shin Tae Yong mengaku puas atas permainan Rafael maupun Zico. Pelatih asal Korea Selatan ini menilai kualitas individu kedua pemain bagus, tetapi masih perlu meningkatkan kerja sama mereka dengan skuad berjuluk "Garuda Nusantara".

Jakarta, EDITOR.ID,- Usai tampil bersama Timnas Indonesia U-20, duo penyerang asal Belanda Rafael Struick dan Zico Jamai Soree mendapat penilaian dari pelatih Shin Tae Yong. Seperti apa penilaian pelatih yang dikenal tegas ini?

Shin Tae Yong mengaku puas atas permainan Rafael maupun Zico. Pelatih asal Korea Selatan ini menilai kualitas individu kedua pemain bagus, tetapi masih perlu meningkatkan kerja sama mereka dengan skuad berjuluk “Garuda Nusantara”.

“Mereka memiliki kemampuan individu yang baik. Namun belum menyatu dalam organisasi permainan,” ujar Shin, diunggah di akun Youtube PSSI TV, Minggu.

“Memang untuk Justin dan Ivar sudah beradaptasi ya dengan kita. Dan untuk Rafael dan Zico baru datang dua hari lalu (Kamis, 17 November). Jadi belum ikut juga latihan tim yang normal, tapi setelah itu langsung bergabung dalam pertanding bersama kami,” lanjutnya.

Shin Tae Yong Akan Pertahankan Rafael dan Zico

Menurut juru taktik asal Korea Selatan itu, kekurangan tersebut wajar lantaran Rafael dan Zico baru bergabung dengan timnas U-20 Indonesia. Mereka baru berlatih bersama Marselino Ferdinan dan kawan-kawan di Spanyol, Jumat (18/11/2022).

Rafael dan Jamai baru bergabung dan berlatih bersama Marselino Ferdinan dan kawan-kawan dalam sela-sela Pemusatan Latihan (TC) Timnas U-20 di Spanyol, Jumat (18/11/2022). Waktu yang sangat mepet. Hanya satu hari latihan.

Karena keesokan harinya, keduanya langsung diturunkan saat Timnas U-20 menghadapi Slovakia U-20 di ajang ‘Costa Calida Region de Murcia Football Week’ di Pinatar Arena, Spanyol, Sabtu (19/11/2022). Di mana Indonesia kalah 1-2. Meski demikian, Timnas U-20 sempat unggul 1-0 terlebih dahulu lewat gol yang dicetak Rafael.

“Mereka belum mengikuti sesi latihan normal dengan pemain lain, tetapi langsung bertanding bersama tim,” kata Shin Tae-yong menambahkan.

Pelatih Shin Tae-yong bahkan langsung memainkan kedua pemain itu sebagai starter. Total ada empat pemain keturunan yang tampil pada laga tersebut karena Justin Hubner dan Ivar Jenner juga beraksi.

Sementara dua calon pemain naturalisasi lainnya, Ivar Jenner dan Justin Hubner, disebut Shin sudah mampu beradaptasi dengan timnas U-20 karena keduanya sudah mencicipi empat pertandingan uji coba bersama timnas U-20 baik di Turki maupun Spanyol.

Rafael Mengaku Bangga Bisa Cetak Gol

Adapun Rafael mengaku bangga bisa memperkuat Indonesia. Pemain PEC Zwolle U-21 itu mengucapkan rasa syukurnya atas kesempatan yang diberikan kepadanya.

Gol Rafael yang sempat membawa Timnas U-20 unggul 1-0 bertahan sampai menit ke-80. Tapi Slovakia berhasil berbalik unggul dengan mencetak dua gol pada 10 menit akhir laga lewat penalti Timotej Jambor dan satu gol lagi dicetak oleh Damian Kachut.

Leave a Reply