Settia

Geger Patung Gajah Berbentuk Aneh Muncul di Gresik

 

EDITOR.ID, Gresik,- Warganet digegerkan dengan kemunculan patung Gajah berbentuk unik di sudut jalan Kota Gresik, Jawa Timur. Bahkan foto patung ini viral di media sosial. Entah apa maksud dan tujuan Pemerintah Kabupaten membuat patung ini. Namun yang jelas pembangunannya menelan anggaran cukup besar dari dana CSR perusahaan BUMN di kota ini yakni Rp 1 miliar.

Pembangunan patung Gajah di Gresik ini langsung menuai nyinyiran dan gelak tawa lucu-lucuan dari para netizen . Pasalnya, hasil karya seni yang menghabiskan dana 1 milyar rupiah ini dinilai sangat tidak memuaskan, bahkan Patung Gajah Mungkur yang berada di Perlimaan Sukorame ini menuai  olok-olok dari para netizen.

Seperti  yang di unggah oleh akun facebook dengan nama Maiyi Maiyi yang mendapat ratusan komentar lucu dan postingan itu sudah dibagikan ratusan kali dan kemungkinan akan terus bertambah.

Dari informasi yang dihimpun redaksi, Sekretaris PT. PETROKIMIA Gresik, Yusuf Wibisono menjelaskan bahwa dana 1 milyar tersebut bersumber dari dana Coorporate Social Responsibilty (CSR) dari PT. PETROKIMIA Gresik.

Namun pembangunan dan desain patung sepenuhnya dilakukan oleh pihak Dinas PUPR pemerintah kabupaten (Pemkab) Gresik.

“Dalam hal ini Pemkab Gresik minta sumbangan dari perusahaan kami. Untuk dana 1 Milyar itu kami ambilkan dari dana CSR PT. PETROKIMIA, namun kalau desain patung sepenuhnya dari pihak dinas PUPR kabupaten Gresik.” terang Yusuf Wibisono.

Sedangkan dari Pemkab Gresik saat di konfirmasi tentang kontroversi patung gajah itu, Ida Lailatussa’diyah selaku Assisten II Perekonomian dan Pembangunan menjelaskan dengan berdalih bahwa tidak di benarkan dalam syariat Islam membuat patung menyerupai bentuk aslinya, maka dari itu patung sengaja di bangun dalam bentuk abstrak.

“Gresik ini kan kota Wali. Dan dalam syariat Islam itu tidak boleh membuat patung atau sesuatu yang bernyawa menyerupai bentuk aslinya. Maka dari itu, patung kita bangun dalam bentuk abstrak.” Ungkap ida beralasan kenapa bentuk patung yang dibuatnya berbentuk aneh. (aldian)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *